Bupati: Angka Kemiskinan di Kabupaten Karimun Menurun

Karimun, Kabarbatam.com – Bupati Karimun Dr. H Aunur Rafiq S.Sos. M.Si, mengungkapkan bahwa angka masyarakat miskin di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menurun setiap tahunnya.

“Terkait angka kemiskinan laporan yang saya terima dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun, angka kemiskinan terakhir pada tahun 2019 di Kabupaten Karimun 6,6 persen, jika dibandingkan 4 – 5 tahun lalu sekitar 9,3 persen, artinya mengalami penurunan,” ungkap Bupati Aunur Rafiq.

Hal tersebut disampaikan Aunur Rafiq saat diwawancarai awak media setelah Peresmian Rumah Bantuan Layak Huni dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Minggu (12/1/2020).

Bupati Karimun berharap angka kemiskinan di Kabupaten Karimun terus mengalami penurunan sehingga program pembangunan Pemkab Karimun yang menyentuh tentang bagaimana upaya menurunkan angka kemiskinan dapat dapat terus dilanjutkan, hingga masa akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2015-2020.

Selain itu, mantan Wakil Bupati Karimun periode 2005-2015 ini mengungkapkan bahwa angka kemiskinan itu memiliki kategorinya masing-masing.

“Angka Kemiskinan itu terbagi tiga kategori di antaranya, Kategori Miskin, Hampir Miskin, dan Sangat Miskin. Untuk indikatornya antara lain, kebutuhan hidup layak dan angka kematian. Dari angka 6,6 persen, 3 persennya adalah kategori hampir miskin,” ungkapnya.

Diketahui jika dibandingkan dengan seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Riau angka kemiskinan di Kabupaten Karimun masih tergolong rendah. Namun jika dibandingkan dengan Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, Kota Batam lebih kecil angka kemiskinannya , yaitu sebesar 4 persen. Namun akumulasi jumlah penduduk di Kota Batam sangat besar.(gik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here