Pilkada 2020 : Pemilih Pemula Target Disduk Capil Lingga

Lingga, KABARBATAM.COM – Sebelum pelaksanaan Pilkada 2020 nanti, Disduk Capil Kabupaten Lingga mentargetkan menyelesaikan identitas kependudukan untuk para pemilih pemula yang tersebar di 82 desa di Kabupaten Lingga.

“Diperkirakan sampai hari H Pilkada nanti ada sekitar 4.500 jiwa pemilih pemula yang tersebar di semua desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Lingga, itu target yang akan kita selesaikan sebelum pelaksanaan Pilkada berlangsung,” kata Kadisduk Capil Lingga Syamsudi saat ditemui diruang kerjanya, Senin (20/1/2020).

Selain itu kata Syamsudi, dari database ada 40% penduduk usia sekolah saat ini yang tidak bersekolah. Untuk itu pihaknya bersama perangkat terkait lainnya akan turun langsung kelapangan.

“Jadi, kalau kita lihat data base, 40% penduduk Lingga ini tidak sekolah dengan klasifikasi umur yang sebenarnya dia itu masuk usia sekolah. Makanya kami akan turun langsung ke lapangan bekerja sama dengan kepala desa, RW, RT, dan petugas register di kelurahan. Bahkan nanti kami akan berkolaborasi dengan RT sebagai ujung tombaknya, rencananya di 2020 ini,” ungkap Syamsudi.

Sementara itu, untuk pelayanan akte, sudah mencapai angka 90%. Itu juga tidak terlepas dengan menggunakan pola jemput bola.

“Untuk akte kelahiran, kita sudah mencapai 90%, tetapi tetap kita susul. Kemudian akte-akte perkawinan nonmuslim, kita susul. Kita akan turun ke lapangan lagi, dengan jemput bola ke desa-desa, mudah-mudahan target ini tercapai,” kata Syamsudi.
(Fikri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here