Kepala BNPB Tiba di Natuna, Pantau Persiapan Karantina Ratusan WNI dari China

Kepala BNPB RI berbincang dengan wartawan di Natuna, Provinsi Kepri. (Foto: Zal)

Batam, Kabarbatam.com– Pemerintah sudah melakukan persiapan rencana karantina ratusan WNI dari Wuhan di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Letjend TNI Dhoni Munardo sudah tiba di Natuna memantau berbagai persiapan.

Dhoni Munardo mengatakan bahwa ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi dari China, termasuk dari Wuhan, bukanlah pengidap virus atau penyakit Corona.

Dhoni Munardo menyampaikan hal tersebut kepada wartawan, di Natuna Hotel, Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Sabtu, (1/2/2020) pagi.

“WNI dari China dan Wuhan yang akan dievakuasi telah melalui serangkaian proses pengecekan dan pemeriksaan kesehatan, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh WHO,” ungkap Dhoni.

Dikatakan Dhoni lagi bahwa, Warga Negara Asing (WNA) di Wuhan yang memiliki temperatur suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, dilarang keluar dari Wuhan.

“WNI yang akan dikembalikan itu adalah warga yang sehat, setelah melalui berbagai protokol dan proses pemeriksaan kesehatan,” terangnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat Natuna untuk tidak khawatir akan rencana pemerintah pusat membangun pusat karantina WNI dari China.

Pasalnya, Pemerintah telah melakukan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai yang ditetapkan WHO.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, Pemerintah telah melakukan tugas dan tupoksinya sesuai dengan SOP yang diatur sedemikian rupa. Kalau memang mereka itu berbahaya, tidak mungkin kami turun menyambut langsung kedatangan mereka,” imbuhnya.

Kedatangan WNI Wuhan di Natuna Nantinya akan disambut langsung oleh Menteri Kesehatan RI Letjend Purnawirawan TNI Terawan, dan Kepala BNPB RI Letjend TNI Dhoni Munardo. (Zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here