Resmi Ditutup Wabup Karimun, Berikut Desa dan Kelurahan Para Juara MTQ Kecamatan Meral Barat

Karimun, KABARBATAM.COM  Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) ke-VII tingkat Kecamatan Meral Barat telah resmi ditutup oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim pada Sabtu (8/2/2020) malam bertempat di Halaman Kantor Camat Meral Barat, Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

Untuk diketahui, Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) adalah sebuah festival pemuliaan kitab suci umat Islam (Al-Quran) yang diselenggarakan secara berkafilah yang mana puncaknya pada tingkat nasional. Pada festival ini, peserta membaca Al-quran dengan Qira’at.

Berikut daftar pemenang di semua cabang MTQ Ke-7 Tingkat Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun Tahun 2020

Lomba Pawai Ta’aruf dimenangkan oleh :
Juara 1 : Kelurahan Darussalam
Juara 2 : Desa Pangke
Juara 3 : Desa Pangke Barat
Harapan 1 : Kelurahan Pasir Panjang

Lomba Stand Bazar dimenangkan oleh :
Juara1 : Kelurahan Darussalam
Juara2 : Desa Pangke
Juara 3 : Kelurahan Pasir Panjang
Harapan 1 : Desa Pangke Barat

Berikut Nama-Nama Pemenang Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Kecamatan Meral Barat

Pembaca terbaik cabang Tartil Putra :
Juara 1 : Ardiansyah Nasution (Darussalam)
Juara 2 : Ramadani Sapta (Pangke Barat)
Juara 3 : Ridho Palentina (Pangke)

Pembaca terbaik cabang Tartil Putri :
Juara 1 : Nuranisa (Pasir Panjang)
Juara 2 : Siti Riska (Darussalam)
Juara 3 : Siti Riski (Pangke)

Pembaca terbaik Tilawah anak-anak putra :
Juara 1 : M.Tidhowi Syamin (Pangke Barat)
Juara 2 : Rizki Rahmadani (Darussalam)
Juara 3 : Muhammad Yusuf (Pangke)

Pembaca terbaik Tilawah anak-anak putri :
Juara 1 : Nur Arifa Hairun Nisa (Darussalam)
Juara 2 : Nuraini Karina Putri (Pangke Barat)
Juara 3 : Naura Husna (Pasir Panjang)

Pembaca terbaik remaja putra :

Juara 1 : M. As Ari (Pangke)
Juara 2 : Rian Adhety (Pasir Panjang)
Juara 3 : Sapta Juanda (Pangke Barat)

Pembaca terbaik remaja putri :
Juara 1 : Sinta Susanti (Pasir Panjang)
Juara 2 : Restika Aulia (Darussalam)
Juara 3 : Viony Vanesa (Pangke Barat)

Pembaca terbaik dewasa putra :
Juara 1 : Azri Zainudi (Pasir Panjang)
Juara 2 : M. Masrizal (Pangke Barat)
Juara 3 : Andi Sudaryanto (Darussalam)

Pembaca terbaik dewasa putri :
Juara 1 : Erdaningsih (Darussalam)
Juara 2 : Azlinda (Pangke Barat)
Juara 3 : Eva Rina Susanti (Pangke)

Sarhil Qur’an terbaik Putra :
Juara 1 : Taufiq Mustafa DKK (Darussalam)
Juara 2 : Wahyu Ramdani DKK (Pasir Panjang
Juara 3 : M. Ikram DKK (Pangke Barat)

Sarhil Qur’an terbaik Putri :
Juara 1 : Raja Dwi Setyani (Darussalam)
Juara 2 : Ainin Sal Sabila (Pasir Panjang)
Juara 3 : Nurul Syafika (Pangke Barat)

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Karimun mengapresiasi Qori dan Qoriah yang tampil di MTQ ke -7 Tingkat Kecamatan Meral Barat dan antusias masyarakat yang tinggi sejak dibuka oleh Bupati Karimun hingga penutupan.

“Selama pelaksanaan MTQ Ke-7 Tingkat Kecamatan Meral Barat ini berjalan sangat baik, saya mengapresiasi sekali para peserta yang tampil sangat berkualitas dan memiliki potensi untuk bersaing di MTQ Tingkat Kabupaten Karimun, saya juga mengapresiasi sekali antusias masyarakat sejak dibukanya secara resmi oleh Bupati Karimun hingga hari ini penutupan, Sudah nampak antusias masyarakat dalam memeriahkan event agama seperti ini kita sangat bersyukur akan hal itu” kata Anwar Hasyim

Anwar Hasyim berharap adanya Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) ke -7 Tingkat Kecamatan Meral Barat ini dapat menumbuhkan kesadaran pada masyarakat khususnya Pelajar untuk mimiliki Ilmu Agama dan Ilmu Al-Qur’an agar terhindar dari hal-hal negatif.

“Masyarakat terkhusus Pelajar bagaimanapun harus memiliki Ilmu Agama dan Ilmu Al- Qur’an, karena hal tersebut sangat penting buat dirinya agar tidak terpengaruh lingkungan negatif seperti narkoba dan kenakalan remaja lainnya, dan tentunya apabila mereka memiliki kedua ilmu agama tersebut maka akan otomatis menolak hal-hal yang negatif,” katanya.

Sementara itu Camat Meral Barat Markus T Tarigan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas antusias luar biasa dari masyarakat untuk memeriahkan MTQ Ke-7 Tingkat Tingkat Kecamatan Meral Barat Tahun 2020 ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Masyarakat Meral Barat dimana alhamdulillah dari pertama dibukanya MTQ Ke-7 Tingkat Kecamatan Meral Barat hingga penutupan malam ini selalu ramai,” ucapnya

Markus T Tarigan juga mengungkapkan bahwa Kecamatan Meral Barat tidak kehabisan bibit-bibit Qori-Qoriah setiap tahunnya untuk mengikuti MTQ Tingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

“Alhamdulillah kita tidak sulit mencari bibit- bibit Qori dan Qoriah, Karna sekolah agama sangat banyak disini dari Yayasan,Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPQ) hingga Pesantren” ungkapnya

Sementara itu, Lurah Darussalam Fitria Riski Aprianty mengungkapkan keberhasilan menjadi juara tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang ada di Kelurahan Darussalam.

“Alhamdulillah keberhasilan kelurahan Darussalam menjadi juara umum tidak terlepas dari peran RT/RW, Guru Pembina Darul Muqomah dan seluruh masyarakat kelurahan Darussalam yang mendukung kami pihak kelurahan, Saya bersyukur karena kegiatan kami selalu didukung penuh oleh Masyarakat Kelurahan Darussalam” ungkapnya

Mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Kelurahan Harjosari ini juga berpesan kepada para Qori dan Qoriah agar terus belajar agar lebih baik kedepannnya.

“Untuk qori dan qoriah yang berhasil menjadi Juara, tetap pertahankan dan jangan lupa terus belajar, jangan cepat puas dengan hasil yang telah dicapai jika perlu sebarkan kebaikan melalui kemampuan kita dalam membaca Al-Qur’an agar semakin banyak lagi qori qoriah di Kabupaten Karimun khususnya di Kelurahan Darussalam ini” terangnya

Terakhir, Camat Meral Barat Markus T Tarigan mengatakan setelah diumumkannya pemenang dari tiap cabang, pihaknya akan mempersiapkan Qori-Qoriah untuk mengikuti MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2020 di Perumahan Imperium Kecamatan Meral.

“Setelah ini kita akan langsung menggelar rapat untuk mempersiapkan para pemenang kita untuk terus dibimbing untuk bersaing pada MTQ tingkat Kabupaten nantinya, dan kita optimis mereka akan mengukir prestasi nantinya” tutupnya

Diketahui, MTQ Tingkat Kabupaten Karimun akan dilaksanakan di Perumahan Taman Imperium Poros Kecamatan Meral dan dibuka pada tanggal 8 Maret 2020 dan ditutup 14 Maret 2020 mendatang.(Gik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here