Akseptabilitas Haris Lambey di Peringkat Teratas Hasil Survei Research Center Media Group

Batam, Kabarbatam.com– Lembaga survei Research Center Media Group belum lama ini melakukan survei tingkat akseptabilitas dan elektabiiitas terhadap para bakal calon Walikota Batam 2020. Dalam survei yang digelar selama dua pekan itu, menempatkan bakal calon Haris Lambey di posisi teratas.

Sosok muda yang namanya mencuat dalam beberapa bulan terakhir meraih tingkat akseptabilitas hingga 92%. Selain melakukan survei terhadap tingkat kesukaan masyarakat terhadap sosok bakal calon walikota, Research Center Media Group juga melakukan survei tingkat elektabilitas, kapabilitas, dan popularitas bakal calon.

Akseptabilitas menunjukkan makna seberapa besar sosok calon kepala daerah disukai oleh masyarakat. Tingkat kesukaan ini dihitung dari orang yang mengenal bakal calon kepala daerah. Dengan demikian, jumlah sampel untuk melihat proporsi setiap nama berbeda (bervariasi).

“Dari hasil survei kami, bobot akseptabilitas tertinggi terlihat pada bakal calon Haris Lambey dengan raihan 92,5%. Di urutan berikutnya ada beberapa figur yang disukai dengan persentase di atas 85%,” kata Anggota Tim Research Center Media Group, Edy, Minggu (16/2/2020).

Bakal calon Walikota Batam Haris Lambey (Foto: Ist)

Beberapa nama tersebut, yakni; Iman Sutiawan, Muhammad Rudi, Amsakar Achmad, dan Candra Ibrahim. Tiga calon walikota lainnya, bobot akseptabilitasnya berada di kelompok ketiga (di bawah 85%) yakni Mustafa Wijaya, Lukita Dinarsyah Tuwo, dan Surya Makmur Nasution. “Survei yang kami lakukan ini berlangsung mulai 5-14 Desember 2019,” ungkap Edy.

Ia mengatakan bahwa jumlah keseluruhan responden mencapai 400 orang dengan margin error 5,25% dan tingkat kepercayaan 95%. “Tim kami di antaranya melakukan survei untuk mengetahui akseptabilitas para bakal calon kepala daerah jelang Pilkada Serentak 2020,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan raihan persentase tersebut, selanjutnya tim Reseach Center Media Group memaparkan hasilnya kepada bakal calon kepala daerah. Edy menambahkan bahwa, selain menyurvei akseptabilitas, timnya juga melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas bakal calon kepala daerah di Batam.

“Tidak hanya itu, kami juga menyurvei tingkat popularitas, top of mind, citra calon, dan bagaimana pendapat masyarakat terhadap sosok beberapa calon kepala daerah di Batam dengan beragam indikator yang kami uraikan,” urainya.

Bakal calon Walikota Batam Haris Lambey.

Adapun persentase akseptabilitas yang diperoleh bakal calon kepala daerah di Batam, menurut survei Reseach Center Media Group, yakni; Haris Lambey 92,5%, Iman Sutiawan 88,3%, Muhammad Rudi 87,6%, Amsakar Achmad 87,5%, Candra Ibrahim 87, 2%, Mustafa Wijaya 84,7%, Lukita Dinarsyah Tuwo 83,3%, dan Surya Makmur Nasution 77,5%. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here