Tingkatkan Minat Baca, Siswa SMK MHS Ikuti Gerakan Literasi dan Pelatihan Jurnalistik

Batam, Kabarbatam.com– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri bekerja sama dengan Forum Ceo Media Online Kepri menggelar gerakan literasi dan pelatihan jurnalistik serta pemanfaatan teknologi di kalangan pelajar, Senin (17/2/2020) pagi.

Kali ini kegiatan tersebut digelar di SMK Multistudi High School (MHS) Batam. Lebih kurang 100 siswa dari 4 jurusan yang ada di SMK yang memiliki lingkungan sangat nyaman tersebut, ambil bagian.

Kepala Sekolah MHS, Joni Firdaus sangat berterima kasih sekali dengan adanya gerakan literasi ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, tentu sangat bermanfaat dan menumbuhkembangkan minat membaca, menulis di kalangan anak didik kami,” ungkapnya.

Dijelaskan Joni yang didampingi Humas MHS Yulin, saat ini MHS memiliki tiga jurusan, di antaranya Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, serta Rekayasa Perangkat Lunak.

“Tahun ini kami akan membuka satu jurusan baru yakni Seni dan Budaya,” jelasnya. Nah, SMK MHS juga telah melakukan terobosan di bidang teknologi dalam pembayaran SPP atau uang sekolah.

“Untuk mempermudah orang tua, kami sudah bekerja sama dengan beberapa bank dan Indomaret serta Alfamart, sehingga orang tua tak perlu lagi repot datang ke sekolah untuk membayar SPP, cukup datang ke alfamart atau indomaret atau bank terdekat, sangat mudah,” jelasnya.

Terkait peserta didik untuk tahun ajaran 2020, Joni menjelaskan, SMK MHS teleh membuka pendaftaran pada gelombang pertama.

“Alhamdulillah, tingkat responnya luar biasa, saat ini hanya tinggal 70 bangku yang tersisa,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Kepri bidang Hubungan Antar Lembaga, Deddy Suwadha menjelaskan kegiatan ini merupakan program dari PWI Kepri untuk ikut serta mencerdaskan anak bangsa.

“Kita sangat bertanggung jawab dengan peningkatan minat baca dan minat menulis generasi milenial,” sebut Ceo Wartakepri.co.id ini.

Sejauh ini Forum Ceo Kepri dan PWI Kepri telah melakukan road show ke sejumlah SMA dan SMK untuk memberikan pelatihan dan menularkan minat baca dan menulis di kalangan pelajar.

“Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut, karena saat ini, minat baca generasi muda memang sudah sangat minim, yang meningkat malah membaca status di media sosial,” sebutnya.

Gerakan Literasi ini telah berjalan sejak akhir 2019 silam, kegiatan ini telah digelar di SMK Putra Jaya, SMK Putra Batam, SMA Negeri 3, SMA Negeri 16, SMK Negeri 7, SMA Negeri 8, SMK Negeri 2, serta SMK MHS.(bos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here