WNI Positif Corona, Karimun Perketat Pengawasan di Pelabuhan Internasional dan Domestik

Dinas Kesehatan Karimun bersama KKP Tanjungbalai Karimun, Bea Cukai Karimun, Polsek dan instansi lainnya menggelar rapat antisipasi masuknya virus corona.

Karimun,Kabarbatam.com – Menanggapi adanya dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif Covid-19 atau Virus Corona di Kota Depok, Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun bersama instansi terkait menggelar rapat perihal peningkatan antisipasi masuknya virus tersebut ke Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Racmadi mengatakan, untuk melakukan peningkatan pencegahan tersebut telah disepakati bersama instansi terkait untuk memasang thermal scanner di pintu-pintu masuk Karimun.

“Kita meningkatkan pengawasan antisipasi masuknya corona ke Karimun dengan beberapa langkah. Diantaranya dengan pemasangan thermal scanner,” kata Rachmadi, seusai rapat Selasa kemarin.

Rachmadi mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat, yang telah disepakati thermal scanner tersebut akan dipasang di ruang tunggu pelabuhan domestik.

“Kita sebelumnya sepakati,untuk letaknya di dekat pintu keluar. Tapi tidak bisa karena alatnya sangat sensitif. Alatnya harus di tempat dingin dan orang yang melintas tidak boleh kepanasan juga. Jadi disepakati di ruang tunggu domestik. Dengan catatan orang yang datang, masuk dulu ke ruang tunggu,” ungkapnya.

Selain di pelabuhan domestik, diketahui pengawasan juga akan dilakukan di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau KPK, Namun karena alat yang terbatas petugas akan memeriksa penumpang secara manual.

“Thermal scanner milik KKP kan hanya ada dua. Jadi di KPK orang yang datang akan dicek secara manual. Untuk tenaga akan di-back up juga dari Dinas Kesehatan,” kata Rachmadi.

Rachmadi mengimbau kepada masyarakat saat tiba di pelabuhan karimun untuk tidak kaget apabila petugas melakukan pemeriksaan yang ketat. Hal itu bertujuan untuk mencegah masukknya Corona.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala KKP Bachtian Agus Wijaya, Kepala KPPBC Tanjungbalai Karimun Agung, Kepala Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun Darmunansyah, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Polres Karimun AKP Komaruddin, Kepala Pelindo Tanjungbalai Karimun Agus dan perwakilan Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun.(Gik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here