Minim Fasilitas, Bupati Lingga Ajak Masyarakat Patuhi Peraturan Terkait Covid-19

Lingga, KABARBATAM.COM – Meskipun saat ini kesiapan Pemerintah Kabupaten Lingga dalam penanganan Covid-19 diakui Bupati Lingga sangat minim mulai dari SDM, fasilitas Alat Pelindung Diri (APD), Biaya Operasional dan ruang isolasi di Rumah Sakit dalam penanganan Covid-19, Pemkab Lingga masih terus berupaya melakukan langkah upaya pencegahan dan meminta kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan pemerintah serta untuk waspada.

“Kondisi kita yang terbatas SDM, kemudian dukungan peralatan medis, biaya operasional kita untuk menangani musibah ini betul-betul minim, langkah awal diharapkan kepada untuk mengikuti dan mematuhi peraturan pemerintah,” kata Alias Wello, di Gedung Daerah, Dabo Singkep, Selasa (24/3/2020).

Lanjut Alias Wello, biaya operasional menangani musibah Covid-19 begitu kecil, dan didalam pembahasan APBD tidak ada alokasinya, walaupun anggaran dana untuk Dinkes sudah dinaikan Pemda diatas yang ditetapkan oleh pemerintah, namun dengan adanya wabah ini kondisi yang sekarang kurang memadai.

“Meski demikian Pemda sudah mempersiapkan untuk pengadaan satu speed khusus, jika ditemukan pasien yang perlu rujukan cepat keluar daerah,” kata Alias Wello.

Untuk itu diharapkan kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan kumpul-kumpul dan memprotect diri sendiri sebab daya tular virus Covid-19 sangat cepat. Meski saat ini Kabupaten Lingga terdeteksi nihil penyebaran Covid-19 namun antisipasi dan upaya pencegahan harus dilakukan.

“Sampai saat ini Pemkab Lingga sudah melakukan upaya-upaya mengantisipasi hingga cara evakuasi jika di dapati adanya pasien positif Covid-19,” kata Alias Wello.

Upaya lainnya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah bersama instansi terkait lainnya, dengan melakukan pengecekan suhu tubuh disetiap pintu masuk baik di pelabuhan juga di Bandara. Meski demikian diminta kepada masyarakat untuk tidak terlalu panik dan tetap mematuhi peraturan pemerintah dan menjaga pola hidup sehat.

“Selain deteksi suhu tubuh bagi penumpang yang masuk lewat pelabuhan dan Bandara, Pemerintah Daerah akan melakukan himbauan spanduk dan brosur,” kata Alias Wello.

Langkah lainnya dalam upaya pencegahan Pemkab Lingga bersama instansi terkait lainnya juga akan melakukan penyemprotan disinfektan dilokasi-lokasi yang dianggap perlu dilakukan penyemprotan.(Fikri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here