DPRD Kota Batam Awasi dan Kawal Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19

Unsur pimpinan DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Washim.


Batam, Kabarbatam.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menegaskan akan mengawal pendistribusian anggaran pencepatan penanggulangan covid-19 oleh pemerintah daerah. Pengawasan tersebut sesuai dengan fungsi Dewan di legislatif.

Sekadar diketahui, pemerintah daerah melakukan refocusing anggaran dalam upaya penanganan dan pencegahan corona virus disease atau covid-19 di Kota Batam. Terkait dengan pengawasan tersebut, kata Ruslan, juga sesuai dengan instruksi oleh pengurus Partai Golkar di pusat.

“Fraksi Partai Golkar di daerah, termasuk di DPRD Kota Batam diminta untuk mengawal penggunaan anggaran penaganan covid-19 oleh Gugus Tugas atau pemerintah daerah,” kata Ruslan, Jumat (8/5/2020).

Ruslan mengatakan, pengawasan terhadap anggaran sendiri berbanding lurus dengan fungsi legislatif dalam hal controlling. “Jadi memang, refocusing anggaran akan terus dipantau mengingat ini untuk kepentingan orang banyak,” ujarnya.

Pengawasan itu sendiri meliputi realokasi anggaran daerah serta anggaran dari pihak swasta yang selama ini terus memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Batam, dalam hal ini gugus tugas covid-19 Kota Batam.

Ruslan mengatakan, sejauh ini pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah dalam upayanya menangani dan mencegah penyebaran virus corona. Mengingat, sambung Ruslan, apabila pandemi Covid-19 ini tak ditangani maksimal, gugatan class action sangat rentan terjadi di masyarakat.

“Tentu kita semua tak ingin terjadi potensi rusuh. Pandemi ini sangat berpotensi memunculkan kerawanan sosial jika tak ditangani dengan baik,” ungkapnya. Sementara itu, upaya Ruslan mengawasi penggunaan anggaran Covid-19 sejalan dengan instruksi KPK agar seluruh pemerintah daerah transparan dalam mengelola anggaran tersebut. (wan)
























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here