Nuryanto Ingatkan Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Tepat Sasaran

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto. (Foto: suarasiber)


Batam, Kabarbatam.com– Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengajak semua pihak untuk bersama-sama membantu mengawasi dan memperhatikan anggaran penanganan Covid-19 Kota Batam. Sehingga penggunaan anggaran bisa cepat dan tepat sasaran.

Demikian disampaikan Nuryanto terkait penggunaan anggaran penanganan Corona Virus Disease atau Covid-19 oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam. Sekadar diketahui, bantuan anggaran penanganan Covid-19 di Batam juga datang dari berbagai sumber, di antaranya dari kalangan pengusaha.

Anggaran yang mendapat perhatian dari DPRD Kota Batam di antaranya, anggaran pengadaan paket sembako yang bersumber dari dana Pemerintah Pusat, Pemko Batam, dan BP Batam. Ditambah lagi bantuan dari kalangan pengusaha.

DPRD Kota Batam, kata Nuryanto, mengingatkan Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam serta Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, H. Muhammad Rudi untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran non bencana tersebut.

Nuryanto mengatakan, kehati-hatian dalam penggunaan anggaran tersebut sangat penting. “Kita mengingatkan agar menggunakan anggaran sesuai peruntukannya dan tepat sasaran. Jangan sampai ada penyelewengan anggaran untuk kepentingan pribadi, maupun politisasi bantuan, hingga adanya kemasan politik apapun,” kata Nuryanto, Minggu (10/5/2020).

Pihaknya juga meminta Ketua Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Walikota Batam agar mencermati dengan seksama penggunaan anggaran tersebut. Dikatakan Cak Nur lagi bahwa penting bagi gugus tugas transparan dan terbuka dalam penggunaan dana tersebut.

Ditegaskan Nuryanto bahwa transparansi dan keterbukaan dalam penggunaan anggaran tersebut penting agar penanganan corona virus disease menjadi lebih efektif.

“Mulai dari perencanaaan, program kegiatan, hingga proses pengadaan dan pendistribusian bantuannya harus tersusun dengan baik sehingga bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan efektif untuk mencegah penyebaran covid-19,” ujarnya.

Nuryanto menambahkan, dengan adanya keterbukaan, maka semua hal dipastikan akan berjalan lancar dan Pemerintah Kota Batam sudah melaksanakan kewajibannya yang sesuai dengan amanah konstistusi, yakni selalu hadir di tengah masyarakat dalam keadaan apapun.

“Kami dari DPRD Batam sebagai bagian dari Pemerintahan Kota Batam sesuai dengan tupoksi ikut melakukan pengawasan, kami tentunya tidak ingin mitra kami (Pemko Batam) ada masalah di kemudian hari,” katanya. (wan)
























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here