FORPPI Batam: Jangan Politisasi Bantuan Sembako yang Dananya dari Pajak Kami Selaku Pengusaha



Batam, Kabarbatam.com– Forum Pengusaha Pribumi Indonesia (FORPPI) Kota Batam meminta berbagai pihak yang menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 untuk tidak melakukan politisasi maupun kampanye terselubung dalam kegiatan tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua FORPPI Batam, Mohammad Noer menanggapi beredarnya video maupun stiker yang tertempel pada bantuan paket sembako yang didistribusikan kepada masyarakat.

FORPPI menilai hal tersebut diduga beraroma politik dan kampanye terselubung oleh bakal calon yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batam 2020 mendatang.

Dikatakan Noer, anggaran pengadaan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak covid-19 Kota Batam berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Salah satunya berasal dari pajak yang dihimpun dari berbagai sektor atau bidang usaha di Batam.

“Anggaran untuk paket sembako kepada masyarakat Batam bukan berasal dari pemerintah kota maupun uang pribadi bakal calon maupun pejabat, tetapi berasal dari APBD Kota Batam yang dikumpulkan dari pajak-pajak kami juga. Jadi, jangan politisasi paket sembako yang bersumber dari pajak-pajak kami,” ujar Noer.

Sehingga, menurut dia, sangat tidak etis jika paket sembako tersebut diklaim bahwa itu merupakan pemberian langsung dari pejabat maupun bakal calon kepala daerah.

Pihaknya menyayangkan viralnya video yang beredar luas di media sosial saat pendistribusian paket sembako. Untuk itu, sambung Noer, masyarakat juga perlu disadarkan, bahwa paket sembako itu merupakan dana dari APBD dan bukan berasal dari dana pribadi.

“Dalam hal ini, pejabat di Pemerintah Kota Batam yang mendistribusikan paket smbako tersebut, hanyalah mediator untuk menyalurkan bantuan tersebut ke masyarakat terdampak. Sehingga tidak etis jika hal tersebut diklaim bahwa itu merupakan dari mereka,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Batam sudah membagikan paket sembako kepada warga Batam yang terdampak Covid-19 atau virus Corona. Paket sembako tersebut di distribusikan di semua wilayah kecamatan di Batam. (*)
























LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here