Connect with us

Kesehatan

4 Manfaat Air Kunyit untuk Wanita

Published

on

Ilustrasi. Kunyit

Kabarbatam.com – Kunyit yang biasa dijadikan bumbu masakan, bisa dijadikan obat. Air kunyit biasanya dikonsumsi untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun, air kunyit ternyata bisa menjadi sahabat wanita.

Untuk mengatasi berbagai gangguan yang dirasakan saat wanita menstruasi, air kunyit bisa menjadi jawabannya. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Melawan PMS

Sebelum mendapat haid, beberapa wanita akan mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). PMS yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda.

Ada yang merasa sakit kepala, lemas, pilek, atau muncul jerawat.

2. Mengatasi kram perut

Kram perut saat haid terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim Anda.

Bagi beberapa wanita, kram perut yang terjadi saat menstruasi bisa terasa begitu menyakitkan. Sebagian orang akan kesulitan menjalani fungsi sehari-hari karena tak mampu menahan sakitnya.

3. Mengatasi nyeri haid

Tak hanya perut Anda yang terasa sakit ketika menstruasi. Beberapa bagian tubuh lain seperti punggung bawah, panggul, atau payudara juga bisa terasa sangat nyeri. Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh.

4. Mengatur siklus haid

Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit akan membantu melancarkan siklus haid. Umumnya siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hari. Wanita yang siklus haidnya tidak teratur, yaitu lebih dari 35 hari biasanya akan mengalami nyeri yang lebih parah dari biasanya. Selain itu, aliran darah menstruasi pun bisa jadi lebih deras atau lebih sedikit.(*)

Advertisement

Trending