Connect with us

Kesehatan

5 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

Published

on

Foto Kesehatan, Manfaat Vitamin D, Vitamin D

Kabarbatam.com, Merawat kesehatan tulang dan gigi, harus dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Vitamin D juga bisa melindungi terhadap berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 1. Vitamin adalah nutrisi yang tidak bisa dibuat oleh tubuh, sehingga seseorang harus mengonsumsinya dalam makanan. Namun, tubuh bisa memproduksi vitamin D.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

Menjaga kekebalan tubuh Anda

Dalam vitamin D, terdapat kandungan molekul aktif yang disebut kalsitriol.

Fungsinya bagi metabolisme tubuh, yaitu membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot. Selain itu, kalsitriol berfungsi sebagai immuno modulator yang membantu menjaga kekebalan tubuh manusia.

Oleh karena itu, jika tidak ingin menderita sakit-sakitan, alangkah baiknya mengonsumsi makanan.

Seperti sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin D. Hal itu bertujuan agar tubuh Anda selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit ringan, seperti demam, flu, pilek, sakit kepala, maupun masuk angin akan jarang menyerang tubuh Anda karena sudah terlindungi oleh vitamin D dalam tubuh.

Meremajakan kulit

Mengonsumsi asupan makanan alami yang mengandung vitamin D, seperti ikan, telur, dan margarin secara rutin berarti menjaga persediaan vitamin ini di dalam tubuh. Akibat positifnya, yaitu membantu pada peremajaan sel-sel kulit tubuh. Dengan begitu, kulit tubuh lebih sehat dan terlihat segar.

Mencegah osteoporosis

Mereka yang sudah berusia lanjut harus diberi asupan vitamin D yang banyak. Hal itu dikarenakan semakin tua usia berarti semakin menurun fungsi dan kandungan mineral dan vitamin di dalam tubuh. Oleh karena itu, para manula perlu diberi asupan vitamin D dalam bentuk makanan maupun suplemen. Selain itu, bantuan sinar matahari pada pagi hari sangat membantu dalam menjaga tulang saat lanjut usia.

Dengan asupan vitamin D yang cukup bagi orang lanjut usia, diharapkan mereka bisa beraktivitas yang sewajarnya di usia yang sudah tidak muda lagi. Selain itu, mereka tidak mudah menderita sakit-sakitan yang disebabkan kekurangan vitamin D.

Mencegah kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok yang menakutkan bagi semua wanita.

Penyakit ini menyerang salah satu organ tubuh wanita yang sangat dibangga-banggakan dan sebagai daya tarik, yaitu payudara. Biasanya, sel kanker hanya menyerang satu bagian payudara saja. Namun, tidak menutup kemungkinan akan menyerang sepasang payudara wanita karena sel-sel kanker sudah berkembang dengan cepat. Jika sudah dalam stadium lanjut yang parah, akan dioperasi dengan mengangkat sel-sel kanker beserta payudaranya sekalian.

Namun jangan khawatir, karena menurut penelitian dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D bisa menghambat penggandaan sel kanker pada payudara. Dengan begitu, wanita bisa mencegah dan terhindar dari penyakit kanker payudara yang berbahaya tersebut. Oleh sebab itu, wanita harus rajin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D. Jika dalam makanan keseharian kurang mendapatkan pasokan vitamin D, maka bisa mengonsumsi suplemen vitamin D.

Mencegah rakhitis bagi anak-anak

Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak dalam tumbuh dan berkembang adalah vitamin D. Pasalnya, anak-anak yang kurang asupan vitamin D akan menyebabkan rakhitis. Yaitu tulang yang tidak keras dan kokoh karena kekurangan mineral di dalamnya, sehingga mudah patah dan rapuh.

Untuk mencegahnya, anak-anak sedini mungkin harus diberi asupan sayuran dan buah-buahan yang banyak manfaat vitamin D. Selain itu, anak-anak perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulangnya.(*)

Advertisement

Trending