Connect with us

Kesehatan

8 Kebiasaan Buruk Wanita Saat Mandi

Published

on

Foto Jerawat, Kebiasaan Buruk Wanita, Wanita

Kabarbatam.com – Banyak kebiasaan buruk bagi pria dan wanita saat sedang berada di kamar mandi. Buat wanita, mandi bukan cuma ritual bersih-bersih tubuh, tapi juga me time. Tapi ada juga kebiasaan buruk wanita saat mandi.

Saat mandi berbagai hal kerap lakukan, dari mulai bercukur, pakai masker rambut dan berbagai perawatan lainnya yang bisa dilakukan sendiri di rumah.
Namun tak sedikit berbagai kebiasaan buruk yang justru tak baik untuk kesehatan dan kecantikan diri juga sering dilakukan para wanita. Berikut tujuh kebiasaan buruk wanita saat kamar mandi.

1. Membersihkan Organ Intim dari Belakang

Tak ada yang salah dengan membersihkan organ intim anda. Hal ini memang normal dan harus dilakukan. Namun cara anda membersihkan diri juga harus diperhatikan. Jika cara yang digunakan salah, bukan kebersihan yang didapat, justru akan berujung pada penyakit dan bakteri.

Cara membersihkan organ intim yang benar adalah dari arah depan ke belakang. Selama ini banyak wanita yang salah kaprah dengan membersihkannya dari belakang ke depan.

Cara membersihkan dari depan ke belakang ini berguna agar bakteri dari anus tak pindah ke vagina.

2. Jarang Ganti Alat Cukur

Mengutip Shape, bercukur, baik ketiak maupun bulu di sekitar vagina memang harus rutin dilakukan. Hal ini selain untuk kebutuhan estetika juga berguna untuk menghindari bakteri tinggal di bulu-bulu rambut yang lembap.

Namun, banyak wanita yang tidak rutin mengganti alat cukurnya. Padahal ini menjadi salah satu faktor penting agar kebersihan tetap terjaga.

3. Melupakan Beberapa Area Penting di Tubuh

Ada kebiasaan buruk wanita saat mandi, salah satunya skip atau melupakan beberapa bagian tubuh saat mandi.

Hal ini bisa terjadi karena jangkauan tangan saat menggunakan sabun tak sampai ke beberapa bagian tubuh. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan kuas sabun yang lebih panjang.

Selain merusak kulit, memencet jerawat juga bisa meninggalkan luka dan berbekas. Selain itu, berpotensi membuat lubang yang bisa digunakan untuk pintu masuk bakteri.

4. Membawa Handphone ke Toilet

Anda mungkin bosan duduk tanpa memegang apapun di toilet. Tapi membawa handphone juga bukan pilihan yang benar.

Ada banyak sekali bakteri yang tinggal di kamar mandi. Membawa handphone beresiko memindahkan bakteri tersebut ke permukaan handphone yang kerap anda pegang.
Jika bosan, anda bisa menyiasatinya dengan hal lain, misal bermain rubik yang memang disediakan khusus di kamar mandi.

5. Memencet Jerawat

Mengutip Brightside, jerawat yang tumbuh di bagian wajah anda memang menggoda untuk dipencet. Tapi jangan sekali-kali memencet jerawat anda saat berada di kamar mandi.

6. Tidak Membersihkan Peralatan Make Up

Rutin membersihkan peratan make up adalah hal yang wajib dilakukan di kamar mandi. Sayangnya banyak wanita yang juatru kerap melupakan hal paling mendasar ini.

Padahal dengan tidak membersihkan alat make up anda, maka perawatan kulit yang selama ini amda lakukan akan berujung sia-sia.

7. Menumpuk Rambut Saat Keramas

Ada kebiasaan buruk wanita saat mandi yaitu menggulung atau mengangkat rambut saat menggunakan shampo.

Jangan pernah lakukan hal ini lagi karena rambut anda akan menjadi kusut dan kusam setelah keramas.

8. Rambut rontok berceceran

Rambut rontok menjadi masalah bagi banyak perempuan, khususnya yang berambut panjang. Namun yang paling menyebalkan bagi banyak orang, rambut rontok kerap berceceran di lantai dan tak dikumpulkan. (*)

Advertisement

Trending