Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Parlemen

Anggaran Penanganan Covid-19 di Batam Disepakati Sebesar Rp286 Miliar

Avatar

Published

on

Advertisement
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider

Batam, Kabarbatam.com– Pemerintah daerah mengalokasikan anggaran penanganan Covid-19 di Kota Batam mencapai Rp286 miliar.

Sekedar diketahui, sebelumnya,  Pemerintah Kota (Pemko) Batam sempat mengajukan anggaran sebesar Rp315 miliar. Namun anggaran itu direvisi  dan disepakati bersama antara Pemko Batam dengan DPRD Kota Batam.

Dari jumlah anggaran saat ini, sebanyak Rp180 miliar telah difokuskan untuk aspek jaring pengaman sosial berupa pembagian paket sembako kepada masyarakat yang terdampak covid.

“Dari jumlah Rp286 miliar itu, ada yang untuk sembako, sebesar Rp 180 miliar. Sisanya untuk menunjang alat-alat kesehatan dan tenaga medis,” kata Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, Minggu (14/6/2020).

Nuryanto, atau atau akrab disapa Cak Nur, anggaran jaring pengaman sosial tersebut direalisasikan dalam bentuk pembagian sembako yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Batam beberapa waktu lalu.

Adapun nilai masing-masing paket sembako yang telah dibagikan, menurut Nuryanto mencapai Rp600 ribu per paket.

“Dampak pandemi Covid-19 yang menghantam kegiatan perekonomian Kota Batam, sebelumnya juga berpengaruh pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).Penurunan komponen PAD itu diketahui mencapai hampir 50%.”

Namun, dengan adanya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1 Tahun 2020, anggaran beberapa bidang kegiatan dapat di-refocusing untuk penanganan Covid-19.

“Ada juga hasil kesepakatan Mendagri dan Menkeu, tentang rasionalisasi anggaran mencapai 50% dari kegiatan-kegiatan kita, dan ini dilaksanakan secara oleh Pemerintah Kota Batam,” ujar Nuryanto. (Wan)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending