Connect with us

Kepri

Bangun Tugu Timah dan Adipura, PT Timah Tbk Hadirkan Ikon Baru di Karimun

Published

on

Foto karimun, PT Timah, pt timah bangun tugu, PT Timah di Karimun, tugu adipura, Tugu timah
Tugu Timah yang disatukan dengan Tugu Adipura dan dibangun oleh PT Timah Tbk di kawasan Coastal Area.

Karimun, Kabarbatam.com – Berdirinya Tugu Timah yang disatukan dengan Tugu Adipura dan dibangun oleh PT Timah Tbk di kawasan Coastal Area menjadi ikon baru bagi Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Meski belum diresmikan, masyarakat sudah sering singgah untuk berfoto dengan tugu yang melambangkan kesuksesan Karimun meraih piala Adipura dan menjadi bukti sejarah hebat beroperasinya PT Timah tbk di Karimun itu.

Berdirinya tugu yang didominasi warna biru dan silver serta bentuk kapal keruk yang memang identik dengan PT Timah itu sendiri, juga mendapat beragam komentar dari masyarakat.

Salah satunya seperti yang disampaikan oleh Tengku Junizar salah seorang pemerhati budaya di Kabupaten Karimun.

Menurutnya, adanya tugu tersebut melambangkan PT Timah tbk yang sudah sejak lama bersama masyarakat di wilayah operasionalnya.

Hal ini terbukti dari sejarah yang terukir tentang keberadaan PT Timah di masing-masing wilayah operasional yang mampu menjadi ikon di daerah tersebut, karena tidak semua daerah memiliki potensi timah.

Sambungnya, kehadiran PT Timah tbk juga sangat memberikan pengaruh sosial bagi ekonomi masyarakat sekitar di wilayah operasionalnya.

“Jadi wajar kalau ada mangkuk ( ember) salah satu alat atau bagian dari kapal keruk, Serta keberadaan PT Timah di Kabupaten Karimun ini memang sangat membantu masyarakat saya lihat untuk kegiatan sosial maupun kepemudaan PT Timah senantiasa support,” kata Junizar.

Tidak hanya itu, kata dia, beroperasinya PT Timah di Karimun juga telah membuka lapangan pekerjaaan bagi masyarakat yang tentunya memberikan dampak ekonomi yang nyata.

Begitu juga, bagi pemerintah daerah yang mendapatkan royalti dan pajak dari aktivitas yang dilakukan perusahaan.

“Dapat dikatakan bahwa 90% karyawan PT Timah merupakan putra daerah dengan demikian, adanya penyerapan tenaga kerja pastinya dapat mengurangi pengangguran, seperti di Kepri saat ini jumlahnya kurang lebih mencapai 1.200 karyawan,” katanya.

“Tak kalah penting, PT Timah juga berperan penting dalam pembangunan di kabupaten Karimun ini, mulai pembangunan rumah layak huni,tanggul penahan abrasi dan lain-lain. Menurut saya, peran PT Timah memang cukup banyak sehingga tidak salah kalau Tugu Timah dan Adipura di bangun dalam satu kesatuan serta ada bentuk ikon PT Timah,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh masyarakat Kabupaten Karimun Datuk Azman Zainal.

Azman menyebut pembangunan tugu tersebut sangat tepat untuk melambangkan beroperasinya PT Timah di Karimun.

Terlebih, kata dia, PT Timah merupakan perusahaan yang sangat konsisten dalam menyalurkan bantuan CSR bagi masyarakat.

“Saat ini banyak perusahaan di Kabupaten Karimun, namun yang konsisten mengucurkan dana CSR nya untuk masyarakat hanya PT Timah,” kata Azman.

Sementara itu, Yogi, salah satu masyarakat menyampaikan alasannya kenapa warga Karimun sangat suka berfoto dan singgah di tugu tersebut.

Menurutnya, tugu yang berdiri kokoh dan megah serta dilatarbelakangi pemandangan gunung jantan yang begitu indah menjadi penyebab banyaknya masyarakat suka berfoto di tugu tersebut.

“Saya bersama keluarga setiap hari libur sering bersepeda ke tugu ini, karena jarak dari rumah dekat dan keluarga saya senang dengan hadirnya tugu yang bagus dan pemandangannya yang indah ini,” katanya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq bahkan juga memberikan apresiasinya kepada PT Timah karena telah banyak membantu masyarakat Karimun dan pemerintah Daerah.

Bupati optimistis, dengan adanya tugu baru itu, akan menjadi daya terik sendiri bagi Kabupaten Karimun.

“Saya ucapan banyak terimakasih kepada PT Timah dan kami mengapresiasi atas segala partisipasi perusahaan untuk masyarakat Kabupaten Karimun. Semoga PT Timah dapat terus berkontribusi untuk pembangunan Karimun ke depan serta terus di tengah masyarakat untuk mendukung kegiatan yang positif tentunya,” ucap Bupati Rafiq. (Yogi)

Advertisement

Trending