Connect with us

Headline

Berlangsung Meriah, Bupati Karimun Apresiasi Pembukaan MTQ Kecamatan Karimun

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

F20180992

Karimun, Kabarbatam.com– Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Karimun Tahun 2020 telah resmi dibuka dengan ditandai pemukulan bedug oleh Bupati Karimun Dr. H Aunur Rafiq S.Sos M.Si, Sabtu (15/2/2020) malam.
Pada Pelaksanaan MTQ Kecamatan Karimun tahun ini, Kelurahan Teluk Air bertindak sebagai Tuan Rumah bertempat di lapangan Tanjung Rambut Coastal Area, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun.
Sekretaris Camat Karimun Efryan Santana melaporkan pada MTQ Tingkat Kecamatan Karimun tahun 2020 diikuti puluhan peserta dari berbagai kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Karimun.
“Jumlah peserta pada MTQ Kecamatan Karimun tahun 2020 ini sebanyak 72 peserta yang berasal dari 6 Kelurahan di antaranya Kelurahan Tanjung Balai, Kelurahan Tanjung Balai Kota, Kelurahan Teluk Air, Kelurahan Lubuk Semut, Kelurahan Sei Lakam Barat, dan Kelurahan Sei Lakam Timur serta dua desa di antaranya Desa Selat Mendaun dan Desa Parit,” kata Efryan Santana.

Pantauan kabarbatam.com, Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Karimun Tahun 2020 ini berlangsung meriah dengan penampilan-penampilan seperti Tari Kolosal, Paduan Suara, serta penampilan Mapping Astaka ditambah antusias masyarakat yang sangat tinggi untuk menghadiri event yang diselenggarakan satu tahun sekali tersebut.
Camat Karimun Agung Jati Kusuma SE mengatakan tujuan diselenggarakannya MTQ untuk membudayakan pemahaman isi dan kandungan Al- Qur’an kepada masyarakat.
“Tujuan dari MTQ ini untuk penjaringan bibit dalam pesiapan MTQ Kabupaten Karimun pada Maret 2020 nanti. Selain itu, untuk membudayakan seni baca Alquran di tengah masyarakat dan memahami isi kandungannya. Kemudian, ajang mempererat dan memperokoh silaturahim serta kebersamaan masyarakat,” kata Agung.
Sementara itu, melihat pembukaan MTQ Kecamatan Karimun yang berlangsung meriah, Bupati Karimun mengungkapkan apresiasinya kepada Camat Karimun beserta jajarannya.

“Setiap daerah pasti berbeda karena geografis dan karakteristik daerahnya, Alhamdulillah pada MTQ Kecamatan Karimun ini saya mengapresiasi pembukaan yang sangat meriah ini ditambah antusias masyarakat sangat luar biasa dan pemerintah juga memberikan apresiasi kepada seluruh kecamatan yang telah menyelenggarakan MTQ ini dengan baik,” ungkapnya.
Bupati Karimun berharap dengan adanya event MTQ dapat meningkatkan silaturahmi antar masyarakat Kabupaten Karimun.
“Mari dengan momentum MTQ ini kita jadikan untuk perkuat rasa persatuan kesatuan kita dan persaudaraan kita terutama Kabupaten Karimun yang majemuk terdiri dari berbagai suku dan agama mari kita bangun Karimun ini kabupaten yang selalu bisa menjaga persaudaraan dan hidup berdampingan dan saling menghormati, inssya Allah kalau itu kita lakukan akan menjadi keberkahan bagi kita semua” ujar Aunur rafiq.
Terakhir, Aunur Rafiq berharap melalui pelaksanaan MTQ ini akan lahir qori-qoriah terbaik menjadi sebagai utusan dari masing-masing kecamatan untuk tampil hingga tingkat nasional.
“Dengan MTQ ini saya harap masyarakat khususnya generasi muda Kabupaten Karimun cinta membaca, mempelajari dan mengamal Alquran dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi generasi yang qurani.” tutupnya.
Diketahui, MTQ Tingkat Kecamatan Karimun dilaksanakan mulai hari sabtu (15/2/2020) hingga Selasa (18/2/2020) dijadwalkan nantinya Wakil Bupati Karimun akan menutup secara resmi.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Karimun Muhammad Firmansyah, Dandim 0317 tbk Letkol Inf Denny, dan Danlanal Karimun Letkol (P) Mandri Kartono.(Gik)

Advertisement

Nasional

Trending