Connect with us

Karimun

Caketum HIPMI Kepri, Lisa Yulia : Jangan Jadikan Pandemi sebagai Penghalang dalam Berbisnis

akhlilfikri

Published

on

Caketum HIPMI Kepri

Karimun, Kabarbatam.com – Calon Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kepulauan Riau (Kepri), Lisa Yulia menggelar silaturahmi dengan BPC HIPMI Kabupaten Karimun.

Silaturahmi bersama pengusaha wanita muda yang dikenal dengan ketangguhannya menjalankan bisnis di tengah pandemi Covid-19 itu, berlangsung hangat di Hotel Maximillian Karimun, Senin (14/6/2021) .

Lisa yang merupakan Founder dan juga President Director PT Pelayaran Kencana Global saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian dan BUMN di BPD HIPMI Kepri.

Dengan sepak terjangnya di dunia usaha yang sudah tidak diragukan lagi, Lisa Yulia memutuskan untuk ikut bursa Calon Ketua Umum BPD HIPMI Kepri periode 2021-2023.

Lisa Yulia mengatakan, kedatangannya tersebut selain dalam rangka silaturahmi juga untuk memberikan motivasi dan bertukar pikiran bersama para pengurus BPC HIPMI Karimun.

Salah satu yang disampaikannya adalah, bagaimana agar anggota HIPMI Karimun mampu menjalankan bisnis dan usahanya ditengah berdampaknya ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, kondisi itu bisa dihadapi dengan memiliki pola pikir untuk tidak menjadikan pandemi virus tersebut sebagai penghalang dalam menjalankan bisnis.

Sebaliknya, kata dia, beradaptasi dengan kebiasaan baru merupakan kunci utama untuk menjalankan bisnis ditengah pandemi Covid-19.

“Jangan menunggu selesai pandemi baru fokus berusaha, itu salah. Sekarang ini, bagaimana kita membuka peluang dengan jeli terhadap bisnis yang kita jalankan di masa pandemi,” kata Lisa Yulia.

Lisa mencontohkan, seperti bagi pelaku UMKM di bidang kuliner yang harus jeli melihat peluang dan melakukan inovasi baik dari segi kemasannya, rasanya dan pemasarannya.

Salah satunya dengan beralih menyediakan layanan take away atau delivery. Mengingat, pemerintah menerapkan pembatasan aktivitas sosial masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Persoalan tersebut, diakui lisa, menjadi salah satu fokus utamanya jika terpilih sebagai Ketua BPD HIPMI Kepri dengan cara menggelar pelatihan dan memberi edukasi bagi seluruh anggota HIPMI Kepri.

“Inilah yang akan saya lakukan bagaimana kita bisa jeli menghadapi tantangan ke depan, karena yang dibutuhkan sekarang adalah semangat. Kita harus buka pemikiran untuk ayo bersama-sama maju untuk mencari peluang dan meningkatkan usaha kita di tengah pandemi, bukan justru menunggunya berakhir baru kita jalankan,” jelas pengusaha kelahiran Padang, Sumatera Barat ini.

Lisa mengungkapkan, bahwa dirinya juga menerapkan pentingnya beradaptasi di tengah pandemi dalam menjalankan bisnisnya yang bergerak di bidang agen pelayaran.

Tidak dipungkir bahwa, perusahaanya yang baru berdiri sejak Maret tahun 2020 lalu atau tepatnya di awal pandemi Covid-19 itu, saat ini telah memperkerjakan ratusan orang.

“Saya sendiri bangkit di tengah pandemi, tidak langsung berkembang. Saya juga mengalami buka tutup usaha dan ibaratnya sudah jatuh ketimpa tangga pula, namun mindset saya ubah bagaimana kita bisa beradaptasi di tengah pandemi ini, dengan melakukan berbagai inovasi dalam bisnis yang saya jalankan hingga jadilah seperti sekarang,” ungkap Lisa.

“Pada intinya, jangan jadikan pandemi sebagai penghalang untuk berusaha, tetapi harus kita jadikan sebagai cambukan untuk bisa melakukan sesuatu yang lebih dalam menjalankan bisnis ini,” tambahnya.(Yogi)

Advertisement

Nasional

Trending