Connect with us

Headline

Catatan Akhir Tahun 2020 Lakalantas Satlantas Polres Lingga

Published

on

Foto kabar lingga, Lakalantas, Polres Lingga, Satlantas Polres Lingga
AKP Emsas Mardenis, Kasat Lantas Polres Lingga (Foto : Ist)

Lingga, KABARBATAM.COM – Laka lantas dan pelanggaran Lalu Lintas diwilayah hukum Polres Lingga tercatat sepanjang tahun 2020 menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya 2019.

Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman melalui Kasat Lantas Polres Lingga AKP Emsas Mardenis mengungkapkan, tahun 2020 Satlantas Polres Lingga mencatat sebanyak 9 perkara sementara pada tahun 2019 tercatat ada 18 perkara.

“Jika dibandingkan tahun lalu, lakalantas menurun 50 persen,” kata Kasat Lantas Polres Lingga AKP Emsas Mardenis, Kamis (31/12/2020)

Lebih jauh dirincikan oleh AKP Emsas, tahun 2020 korban laka lantas tercatat sebanyak 3 meninggal dunia, 4 luka berat, sedangkan pada tahun 2019, terdapat 2 korban laka lantas meninggal dunia dan 5 luka berat.

Sementara, untuk jumlah pelanggaran lalu lintas di tahun 2020 sebanyak 62 pelanggaran tilang dan 720 pelanggaran berupa teguran, sedangkan di tahun 2019 sebanyak 602 pelanggaran tilang dan 900 pelangaran berupa teguran.

“Secara keseluruhan pelanggaran tilang dan teguran jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya tercatat juga menurun,” katanya

Menurut AKP Emsas, salah satu pemicu menurunnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas di tahun 2020 selain meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berkendara juga masifnya dilakukan sosialisasi oleh jajaran Satlantas Polres Lingga.

“Di situasi pandemi Covid-19 saat ini, personel Satlantas Polres Lingga disetiap kesempatan selain melakukan sosialiasi protokol kesehatan juga sekaligus mengedukasi masyarakat hingga ketingkat pelajar pentingnya disiplin berkendara di jalan raya,” ungkapnya.

AKP Emsas mengingatkan pada masyarakat agar selalu mengutamakan keselamatan berkendara dengan mematuhi traffic light, kelengkapan berkendara seperti helm SNI dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Ingat, siapa saja bisa menjadi korban laka lantas, untuk itu patuhi rambu-rambu lalulintas dan traffic light belok kiri ikuti isyarat lampu, serta pakai helm SNI saat berkendara,” kata AKP Emsas.(A.Fikri)

Advertisement

Trending