Connect with us

Batam

Cegah ISPA, GMKI Batam Bagikan 1.000 Masker ke Pengendara Motor

Published

on

Foto

Batam, kabarbatam.com – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Batam bagikan 1.000 masker di Simpang Frengky, Batamkota, Selasa (17/9). Hal itu dilakukan menyusul kabut asap yang menyelimuti Batam sejak beberapa hari lalu dan dikhawatirkan menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) pada masyarakat.

Aksi pembagian masker itu pun dilakukan setelah digelarnya pertemuan dengan Badan Pengurus Cabang dan menyepakati membagikan masker ke pengedara sepeda motor.

Koordinator Wilayah (Korwil) 13 Pengurus Pusat GMKI, Rimbun Purba berharap kabut asap segera hilang agar tak menimbulkan hal yang tak diinginkan. Masyarakat pun diminta mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah dan memperbanyak konsumsi air putih.

“Pembagian ini sebagai wujud kepedulian dan antisipasi kami timbulnya penyakit akibat kabut asap kiriman dari Riau dan Kalimantan. Mencegah tentu lebih baik,” kata dia.

Dalam kurun waktu 45 menit, seribu masker yang disediakan sudah habis dibagikan. Ketua GMKI Cabang Batam, Sandy Sianaga mengaku pihaknya sengaja memilih membagikan masker pada hari kerja karena dikhawatirkan masyarakat sibuk hingga lupa membeli masker.

“Ternyata prediksinya benar, masih banyak masyakarat yang belum mengenakan masker saat beraktifitas di luar ruangan. Semoga langkah kecil ini bisa membantu masyakarat Batam terjangkit ISPA,” katanya.

Pada saat melaksanakan pembagian masker mereka bertemu dengan beberapa pegawai Dinas Kesehatan yang juga melaksanakan kegiatan yang sama. Ketua GMKI Cabang Batam mengajak sejenak bercengkrama bersama pegawai itu tentang keadaan udara yang cukup mengkhawatirkan ini. “Kita harus bersama mengingatkan setiap warga Batam untuk memperhatikan kabut asap ini agar tidak ada masyarakat yang terkena penyakit oleh udara yang mengandung asap dari riau dan kalimantan” ujar Sandy Sinaga

Dikarenakan kesibukan masyarakat Batam para pengendara tidak sempat membeli masker, Hal itu nampak karena hanya dalam waktu 45 menit semua masker sudah habis tak tersisa.

GMKI Cabang Batam berharap dengan melakukan kegiatan ini seluruh masyarakat Batam sadar bahwa udara di Batam ini mulai tidak kondusif dan harus menggunakan masker jika berada di luar rumah.

Advertisement

Trending