Connect with us

Karimun

Cen Sui Lan Dorong Kementerian PUPR Prioritaskan Usulan Ruas Jalan Nasional di Karimun

Published

on

Foto Cen Sui Lan, Cen Sui Lan anggota dpr ri, ruas jalan di karimun
Cen Sui Lan Aggota DPR RI dari Dapil Kepri menyampaikan persoalan lelang proyek Kementerian PUPR yang dilakukan BP2JK di Kepri.

Karimun, Kabarbatam.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diminta untuk memprioritaskan usulan tiga ruas jalan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menjadi jalan nasional.

Demikian yang dikatakan oleh Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR di DPR RI, Selasa (30/3/2021) lalu.

Adapun ketiga ruas jalan itu diantaranya, jalan Coastal Area Karimun, Kecamatan Karimun – Bandara Raja Haji Abdullah, Kecamatan Tebing sepanjang 11,5 kilometer.

Kemudian, Tugu Stadion Badang Perkasa, Kecamatan Tebing – Pelabuhan Peti Kemas Malarko, Kecamatan Tebing sepanjang 10,5 kilometer.

Terakhir, jalan Tanjungbatu, Kecamatan Kundur – Sawang, Kecamatan Kundur Barat – Pelabuhan Tanjung maqom, Selat Beliah, Kecamatan Kundur Barat sepanjang 43 kilometer.

“Saya minta usulan untuk menjadikan sejumlah ruas jalan di Karimun menjadi jalan nasional ini dapat diprioritaskan dan dibantu oleh Kementerian PUPR,” ujar Anggota DPR RI Dapil Kepri ini, Senin (5/4/2021).

Cen Sui Lan mengatakan, jika hal tersebut dapat terealisasikan oleh pemerintah akan berdampak baik terhadap peningkatan konektivitas dan mendorong perekonomian masyarakat di Karimun.

“Mengenai usulan untuk menjadikan ketiga ruas jalan ini menjadi jalan nasional saat ini tergantung dari pihak Pemkab Karimun dan Pemprov Kepri untuk mengajukan permohonannya ke Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR,” katanya.

Lebih lanjut, Legislator Golkar ini mengatakan, jika usulan tersebut dapat terealisasikan, maka untuk pembangunan dan pemeliharaan ketiga ruas jalan itu dapat melalui anggaran APBN.

“Dengan begitu, Pemkab Karimun tentunya terbantu dari segi anggaran,” ucap Cen Sui Lan.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq sebelumnya mengungkapkan pihaknya sangat menyambut baik usulan agar ketiga ruas jalan yang semula berstatus jalan provinsi itu untuk menjadi jalan nasional.

Menurutnya, peralihan status jalan nasional itu sangat penting. Mengingat, panjang ruas jalan nasional di Kabupaten Karimun yang sudah ada saat ini masih tergolong sangat pendek.

Ia mencontohkan seperti ruas jalan nasional dari Kelurahan Pasir Panjang menuju Stadion Badang Perkasa yang hanya lebih kurang sepanjang 50 kilometer.

“Kita mengusulkan ini karena ruas jalan nasional kita paling pendek, karena terdiri dari pulau-pulau kecil,” ucap Rafiq, Rabu (3/2/2021) lalu. (*)

Advertisement
Bp Batam

Trending