Connect with us

Kepri

Dewi Ansar Buka Rakerda Dekranasda Kepri Tahun 2023

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20230805 Wa0039
Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Kepri Tahun 2023 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (4/8).

Tanjungpinang, Kabarbatam. com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Kepri Tahun 2023 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (4/8).

Rakerda ini diikuti oleh 50 peserta pengurus Dekranasda dari Kabupaten/Kota se-Kepri. Rakerda yang mengusung tema “Bangun Sinergi, Perkuat Daya Saing” ini diharapkan dapat dimaknai sebagai semangat bersinergi dalam mengembangkan kerajinan Kepri melalui kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Provinsi Kepri.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar menjelaskan bahwa Rakerda Dekranasda tahun 2023 ini bertujuan untuk menyusun dan mensinergikan program kerja yang akan menjadi pedoman dan pijakan organisasi dalam bekerja selama 1 (satu) tahun ini.

IMG-20230805-WA0038

“Sinergitas menjadi kata kunci dalam penyusunan program kerja dan telah terbukti sangat mumpuni terutama agar pengrajin bisa mendapatkan hak kekayaan intelektualnya berupa program yang sudah di buat oleh Pemerintah Kepri melalui pelatihan-pelatihan agar Produk yang dipasarkan memiliki kualitas yang bagus,” kata Dewi Ansar.

Seperti diketahui, Dekranasda sebagai sarana untuk menghimpun potensi para pemangku kepentingan dalam mengembangkan produk kerajinan. Ini merupakan upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya daerah. Selain itu, juga berfungsi untuk meningkatkan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan nasional dan daerah.

Sejalan dengan hal tersebut, Dewi Ansar menyampaikan bahwa fungsi tersebut akan berjalan dengan baik apabila seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi dengan baik.

IMG-20230805-WA0036

“Sinergitas tersebut harus tertuang dalam program-program kerja yang implementatif dan solutif hingga pada akhirnya upaya pengembangan kerajinan dan para perajinnya dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

Dewi Ansar berharap agar Rakerda ini menjadi momentum kebangkitan kembali industri kerajinan yang berbasis budaya bangsa dengan terus melakukan program-program nyata di daerah masing-masing.

Dewi Ansar juga mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Dekranasda di masing-masing Kabupaten/Kota atas dukungannya selama ini terhadap para pengrajin di Provinsi Kepri.

“Saya berpesan kepada ketua Dekranasda Kabupaten/Kota agar terus konsisten membina pengrajin di daerah dan dapat diinovasikan dengan berkolaborasi dengan designer Lokal maupun Nasional, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengangkat wastra daerah Kepri ke ranah Internasional,” ujarnya.

IMG-20230805-WA0037

Turut hadir dalam Rakerda ini, Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun Raja Azmah Ainur Rofiq, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Anambas Idarwati Wan Zuhendra, Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Natuna Dewi Kumilawati, Ketua Harian Dekranasda Kota Tanjungpinang Riany, Sekretaris Dekranasda Kabupaten Bintan Dian Erfanita, dan para pengurus Dekranasda Kabupaten Lingga. (Ky)

Advertisement

Nasional

Trending