Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Kepri

Disnakoperin Lingga melalui IKM Fokus Olahan Kelapa

fikri

Published

on

Advertisement
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider

Lingga, Kabarbatam.com – Bisnis industri pengolahan buah Kelapa menjadi salah satu sektor yang sedang fokus di garap oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disnakoperin) Kabupaten Lingga, mengingat buah kelapa sangat banyak dan mudah di dapati di Kabupaten Lingga. Kepala Diskoperin Aang Abu Bakar melalui Kepala Bidang Perindustrian H. Rahmayadi yakin jika ditangani dengan serius dan diberikan bimbingan serta pelatihan olahan dari buah kelapa dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Saat ini sektor pengolahan kelapa sedikit demi sedikit sudah mulai menunjukkan hasil, dan kita sedang fokus mengoptimalkan pengolahan kelapa yang diharapkan dapat berimbas pada perekonomian para penggiatnya” kata Rahmayadi, Selasa (03/09/2019)

Lebih detail dikatakan oleh Rahmayadi, seperti diketahui buah kelapa banyak manfaatnya dan jika jeli mengolahnya banyak yang bisa dihasilkan dari buah kelapa tersebut, mulai dari isi, batok dan sabut kelapa bisa menghasilkan beraneka ragam olahan. Sabut kelapa bisa diolah menjadi Coco Fiber, Coco Peat, dan dari sabut kelapa juga bisa di olah menjadi kerajinan lain seperti keset kaki dan sapu. Hal tersebut telah pihaknya lakukan melalui sejumlah pelatihan pada masyarakat Kecamatan Singkep Selatan guna membangun keterampilan dan kreativitas dalam pemanfaatannya.

“Sejumlah produk serta pelatihan yang berbahan baku kelapa sudah kita lakukan di Sentra IKM (Industri Kecil Menengah) yang berada di Desa Resang” katanya

Lanjutnya, tak hanya sabut kelapa air dan isi kelapa juga di olah dan telah dilakukan pelatihan di Sentra IKM (Industri Kecil Menengah) yang ada di Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan Kabupaten Lingga tersebut, dari pengolahan dan pelatihan yang diberikan saat ini sudah bisa memproduksi minyak goreng dari olahan kelapa, meski produksinya masih belum skala besar akan tetapi hasil produksi tersebut dapat dinikmati masyarakat sekitar, harapannya kedepan hasil olahan dapat di produksi dalam jumlah besar dan dapat meningkatkan perekonomian.

“Harapannya kedepan hasil produksi minyak makan tersebut bisa diperdagangkan secara luas dan dapat meningkatkan ekonomi penggiat olahan minyak kelapa di Sentra IKM” tandasnya (Fikri)

Advertisement
BP Batam Gubernur Covid Pandemi Corona
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending