Connect with us

Batam

Donor Darah Kerjasama Sinar Mas Land dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam

Published

on

Sinar Mas Land

Batam, Kabarbatam.com – Pengelola kawasan wisata di Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Sinar Mas Land bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kegiatan donor darah pada Rabu (16/6/2021).

Sedikitnya, 51 karyawan Palm Spring Golf & Beach Resort, Nuvasa Bay dan Citra Mas Group mendonorkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan lewat PMI Batam.

“Sebenarnya yang mengikuti tes untuk donor ada 57 orang. Namun 6 orang tidak memenuhi syarat sebagai pendonor dan 51 orang berhasil mendonorkan darahnya,” jelas Golf Division Head Sinar Mas Land, Steven Japari, Kamis (17/6/2021).

Steven mengatakan, aksi donor darah ini, bukan yang pertama kali mereka lakukan, melainkan sudah menjadi kegiatan rutin. “Setiap 3 bukan sekali kita bersama PMI Batam melaksanakan donor darah,” jelasnya.

Kegiatan donor darah di tengah pandemi Covid-19 ini, dilakukan secara bertahap. Di mana, kegiatan tersebut menerepkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Steven yang juga aktif di PMI Batam mencoba menjawab pertanyaan masyarakat atas adanya biaya bagi orang yang membutuhkan darah dari PMI. Sementara darah tersebut diperoleh PMI secara gratis dari pendonor.

“Memang benar darah yang diperoleh melalui pendonor, tetapi kegiatan tersebut membutuhkan biaya operasional,” ujarnya.

Ia mencontohkan, biaya yang timbul lainnya, misalkan dari 51 kantong darah dari kegiatan donor darah di Palm Sepring dilakukan tahap uji kelayakan. Darah tersebut, tambahnya, tidak boleh langsung didistribusikan.

“Biaya untuk satu kantong darah dilakukan pengujian cukup besar. Misalnya 1 kantong darah dibebankan Rp 350 ribu. Biaya yang timbul untuk uji kelayakan sebesar Rp 340 ribu, sisanya Rp 10 ribu baru masuk ke PMI,” jelas dia.

Untuk itu, tambah Steven, PMI membutuhkan dana operasional dengan rutin bekerjasama dengan semua pihak melakukan donor darah. Di sisi lainnya, masih banyak masyarakat yang membutuhkan darah. (*)

Advertisement

Trending