Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Headline

Barang Ilegal Tegahan DJBC Kepri Senilai Rp1,5 Miliar Digilas Alat Berat

Published

on

Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Kepulauan Riau karimun Kanwil DJBC Kepri DJBC Kepri Bea Cukai Batam musnahkan BMN
Barang ilegal campuran berstatus Barang Milik Negara (BMN) kembali dimusnahkan oleh Kantor DJBC khusus Kepulauan Riau, Rabu (2/12/2020).

Karimun, Kabarbatam.com – Perang terhadap penyelundupan barang ilegal guna mencegah kerugian negara terus digaungkan oleh Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) khusus Kepulauan Riau.

Kali ini, barang ilegal campuran berstatus Barang Milik Negara (BMN) kembali dimusnahkan oleh Kantor DJBC khusus Kepulauan Riau, Rabu (2/12/2020).

Seluruh barang yang dimusnahkan itu merupakan hasil tegahan yang dilakukan sejak periode Februari 2019 hingga Mei 2020 lalu itu senilai Rp 1.568.190.000.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan bea cukai (KPPBC) TMP B TBK Agung Marhaendra Putra mengatakan proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan digilas menggunakan alat berat.

Baca Juga :   Dua Orang Tahanan Polsek Batuaji Kabur

“Ini yang berasal dari barang dan sarana pengangkut yang ditegah untuk diimpor atau ekspor dan barang-barang yang tidak diselesaikan kewajiban kepabeanannya,” ujar Agung.

Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Kepulauan Riau karimun Kanwil DJBC Kepri DJBC Kepri Bea Cukai Batam musnahkan BMN

Sambungnya, hal tersebut sengaja dilakukan agar barang hasil penindakan tersebut tidak memiliki nilai ekonomis.

Adapun barang bukti yang musnahkan meliputi 151 paket kosmetik; 33 karung ballpress; 57 unit elektornik; 846 paket barang lain yang tidak menyelesaikan kewajiban kepabeanannya.

Baca Juga :   Jelang Imlek, Kapolres Lingga Basembang Bercerite Bersama Tokoh Masyarakat Tionghua

Selain itu, pada bidang cukai terdapat 1.500.920 batang tembakau; 105 pcs hasil cukai lainnya; dan 5.874,48 liter, minuman mengandung etil alkohol berbagai merek dan golongan.

“Total potensi kerugian negara terhadap seluruh barang tersebut mencapai Rp 1.011.031.336,” ucap Agung.

Terakhir, Agung menambahkan bahwa pemusnahan tersebut dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya.

Baca Juga :   Wujudkan WBK, KPPBC TMP B Karimun Canangkan Zona Integritas

“Ini salah satu tindaklanjut dari fungsi DJBC Kepri yakni comunnity protector untuk melindungi masyarakat, juga dilakukan untuk menghilangkan nilai guna menghindari penyalahgunaan atas barang-barang tersebut,” ucapnya. (Yogi)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

Trending