Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Batam

Bawaslu Diminta Bertindak Tegas, Spanduk Bertebaran Serampangan Ganggu Estetika Batam

Published

on

spanduk cagub Kota Batam kampanye cagub-cawagub kabar batam Estetika batam Bawaslu Batam Batam Alat peraga kampanye
Spanduk salah satu cagub Kepri di kawasan Jl Pelita menuju arah Jodoh, terpasang di dinding mural, Kota Batam.

Batam, Kabarbatam.com – Menjelang Pilkada 9 Desember, berbagai sudut wilayah di Kota Batam dipenuhi spanduk calon Gubernur Kepri. Spanduk tersebut, di antaranya juga terpasang di kawasan sekitar tempat ibadah, tepatnya di salah satu vihara di Kota, Batam.

Pemasangan spanduk di berbagai tempat, termasuk di fasilitas publik itu dinilai mengganggu keindahan dan estetika Kota Batam yang selama ini dipelihara baik oleh dinas terkait.

Pantauan wartawan di lapangan, spanduk Calon Gubernur Kepri Ansar Ahmad tampak memenuhi dinding jalan di sepanjang jalan Teuku Umar, Pelita Kota Batam hingga di kawasan Jodoh.

Spanduk-spanduk tersebut menutupi estetika kawasan sekitar karena menutupi mural yang menjadi salah satu keindahan dan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga :   Pembalap Kepri Keluhkan Tak Ada Tempat Latihan, Isdianto: Kami Siapkan Sirkuit Permanen

Spanduk Cagub Kepri tersebut juga tampak ‘menghiasi’ kawasan sekitar Vihara Budhi Bhakti yang terletak di kawasan Windsor, Kota Batam. Spanduk-spanduk itu terpasang di pagar Vihara.

spanduk cagub Kota Batam kampanye cagub-cawagub kabar batam Estetika batam Bawaslu Batam Batam Alat peraga kampanye

Sesuai peraturan KPU, tempat ibadah, kantor pemerintahan, dan sarana pendidikan harus bebas dari alat peraga kampanye.

Seorang warga Ferdi, yang pada saat itu melintas di ruas jalan tersebut, menyayangkan pemasangan spanduk yang tidak memperhatikan estetika Kota Batam.

“Kalau terlalu banyak di pasang seperti itu tanpa memperhatikan tempatnya justru kesannya kurang baik. Dapat merusak estetika Batam. Kami yang melintas merasa tidak nyaman melihatnya,” ungkap Ferdi, pada hari Selasa, (1/12/2020).

Pihaknya berharap, dinas terkait dalam hal ini Bawaslu atau Satpol PP bersikap tegas untuk menertibkan spanduk-spanduk tersebut. “Cara kampanye dengan memasang spanduk bukan pada tempatnya tersebut jelas-jelas mengganggu estetika Batam,” ujarnya.

Baca Juga :   Awal Tahun 2021, Ditresnarkoba Polda Kepri Ungkap Penyelundupan 46 Kg Sabu Jaringan Malaysia

Sementara itu, Nofialdi, Koordinator Divisi Pengawasan dan Huhungan Antar Lembaga, Bawaslu Batam, menyatakan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti informasi terkait pemasangan spanduk yang dinilai melanggar ketentuan dan aturan.

spanduk cagub Kota Batam kampanye cagub-cawagub kabar batam Estetika batam Bawaslu Batam Batam Alat peraga kampanye

“Kami langsung menindaklanjuti informasi tersebut, salah satu informasi yang kami dapatkan bahwa spanduk tersebut di antaranya dipasang di area kawasan tempat ibadah, yakni di Vihara,” ungkap Nofialdi.

Pemasangan spanduk tersebut, kata dia, melanggar aturan. Karena alat peraga kampanye tidak boleh dipasang di area tempat ibadah. “Kami sudah memerintahkan petugas Panwascam untuk menertibkan spanduk-spanduk tersebut. Saya juga menuju lokasi. Mudah-mudahan setibanya saya di sana, spanduk tersebut sudah ditertibkan,” ujarnya.

Baca Juga :   Hari Terakhir Kampanye, Isdianto-Suryani Keliling Kota Batam Menyapa Masyarakat

Bawaslu Batam, sambung Nofialdi, tetap bersikap tegas dengan melayangkan teguran lisan dan akan disusul teguran administrasi jika terbukti ada pelanggaran dalam kasus tersebut.

“Pertama, kami layangkan teguran lisan dan juga teguran secara administrasi setelah kita lakukan penelusuran dan kajian di lapangan.

Pihaknya kembali mengingatkan paslon Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Kepri agar mematuhi aturan terkait pemasangan alat peraga kampanye.

“Pemasangan di tempat ibadah jelas sebuah pelanggaran. Kami akan kaji, siapa yang melakukan pemasangan spanduk itu. Karena kadang juga kontituen yang tidak masuk dalam timses bertindak sendiri tanpa mematuhi aturan. Namun yang jelas, Bawaslu telah bertindak dengan melayangkan teguran kepada tim paslon paslon tersebut,” pungkasnya. (Tok)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

Trending