Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay puri selebriti

Headline

Diotaki Napi Lapas Tembilahan, Penyelundupan 11,5 Kg Sabu Berhasil Digagalkan Polresta Barelang

Avatar

Published

on

Foto Gambar Diotaki Napi Lapas Tembilahan, Penyelundupan 11,5 Kg Sabu Berhasil Digagalkan Polresta Barelang - IMG 20200901 WA0277
Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur. (Foto: Kabarbatam.com/Atok Suprapto)

Batam, Kabarbatam.com – Satresnarkoba Polresta Barelang berhasil menggagalkan aksi penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 11.5 kilogram (kg). Sabu yang didapatkan tersangka dari Malaysia itu, dikemas dalam kemasan Roti Biscuit.

Pengungkapan tindak pidana narkoba ini disampaikan oleh Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur Yudi, SH., SIK., MH., didampingi Kasat Narkoba Polresta Barelang Kompol Abdul Rahman SH., SIK., MH., dalam konferensi pers, bertempat di Lobi Polresta Barelang, Selasa (1/9/2020).

Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur Yudi, mengatakan, keberhasilan ini berkat kerjasama Satresnarkoba Polresta Barelang bersama Satgas Narkoba Polda Kepri yang dibentuk oleh Bapak Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si.

Dari hasil pengungkapan ini, Satresnarkoba Polresta Barelang berhasil menangkap lima orang pelaku berinisial B (44), S (39), YS (21), TS (21), JM (23) dari tiga tempat kejadian perkara yang berbeda.

“Kelima pelaku berhasil diamankan di perairan Pulau Terong Belakangpadang, parkiran belakang Hotel Harmoni Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, dan pinggir Jalan Kartini Simpang tiga Hotel Harmoni Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir,” ujar Yos Guntur.

Foto Gambar Diotaki Napi Lapas Tembilahan, Penyelundupan 11,5 Kg Sabu Berhasil Digagalkan Polresta Barelang - IMG 20200901 WA0275

Modus operandi yang dilakukan para pelaku yakni, pelaku berinisial B (44) dan S (39) atas perintah W yang saat ini (DPO) berperan sebagai penjemput di perairan Pulau Terong. Berbekal informasi yang sudah didapat sebelumnya, pelaku tersebut membawa delapan paket sabu itu ke Tembilahan.

“Sesampainya di Tembilahan, Pelaku berinisial YS (21) dan TS (21) yang ditugaskan oleh pelaku berinisial JJ Warga negara Malaysia yang saat ini (DPO) untuk menjemput di Tembilahan sebanyak lima paket Sabu untuk dibawa ke Palembang,” terangnya.

Sementara itu, pelaku berinisial JJ diperintahkan oleh R yang saat ini (DPO) merupakan seorang Napi lapas Tembilahan untuk mengambil paket Sabu tersebut.

“Napi berinisial R tersebut saat ini menjadi DPO, karena dua hari sebelum penangkapan lima tersangka ini, R berhasil kabur saat melakukan pekerjaan di luar lapas.”

Menurut pengakuan para pelaku, mereka dijanjikan upah sebesar Rp6.000.000, per satu kilogram, namun sebelum menikmati hasil upah tersebut para pelaku berhasil diringkus.

Barang bukti yang diamankan diantaranya narkotika jenis sabu seberat 11, 585,7 gram atau 11,5 kilogram, satu buah karung beras, delapan buah Handphone dengan berbagai merk.

Lanjut Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur Yudi, dari hasil pengungkapan kasus narkoba ini, kita berhasil menyelamatkan 34.757 sampai dengan 46.340 jiwa.

“Ini merupakan prestasi dari anggota kami yang patut kita apresiasi bersama dan kita akan terus memberantas narkotika jenis apapun,” tegasnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dikenakan Pasal 114 (2) Jo Pasal 112 (2) Jo Pasal 132 Ayat 1 UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 Tahun.

“Saat ini kita hadirkan satu tersangka, sementara tersangka lainnya masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik,” pungkasnya. (Tok)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending