Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Headline

Satpolairud Polres Karimun Imbau Nelayan Waspadai Cuaca Ekstrem saat Melaut

Published

on

Polres karimun imbau warga polres karimun imbau nelayan Polres Karimun Nelayan Karimun
Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir, Selasa (24/11/2020).

Karimun, Kabarbatam.com – Fenomena cuaca ekstrem La Nina masih mengancam wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Beberapa pekan sebelumnya bahkan terjadi bencana alam angin puting beliung yang telah membuat puluhan rumah alami kerusakan berat.

Kondisi cuaca yang buruk itu tentunya turut berdampak bagi keselamatan para nelayan di perairan bumi berazam (sebutan Kabupaten Karimun) tersebut.

Menanggapi hal itu, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Karimun memberikan imbauan kepada para nelayan agar meningkatkan kewaspadaan ketika sedang melaut.

“Kami imbau nelayan untuk terus berhati-hati dan utamakan keselamatan di laut,” ujar Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Binsar Samosir, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga :   Keterlambatan Hasil PCR Bukan Domain Pemko Batam

Sambungnya, para nelayan juga diminta agar selalu memantau informasi terbaru prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurutnya, hal itu wajib dilakukan guna memastikan waktu yang tepat untuk melaut sehingga terhindar dari dampak cuaca buruk tersebut.

Polres karimun imbau warga polres karimun imbau nelayan Polres Karimun Nelayan Karimun

“Mengingat kondisi cuaca saat ini tidak bisa ditebak dan memasuki musim utara, kami imbau nelayan dapat meningkatkan kewaspadaan dini sehingga kecelakaan di laut dapat dicegah,” kata Binsar.

Perwira berpangkat Iptu ini juga menyampaikan harapannya kepada nelayan agar selalu membawa perlengkapan keselamatan dengan baik sebelum melaut.

Baca Juga :   Polres Karimun Kerahkan Ratusan Personel Amankan Perayaan Tahun Baru 2020

Diantaranya adalah seperti life jacket serta membawa alat komunikasi yang dapat digunakan ketika terjadi sesuatu di laut.

Selain itu, Binsar menyampaikan apabila terjadi kecelakaan laut atau kondisi cuaca tiba- tiba buruk saat sedang melaut.

Nelayan diharapkan dapat saling berkoordinasi bersama nelayan lainnya atau meminta pertolongan kepada petugas Satpolairud Polres Karimun serta Pos AL terdekat.

“Apabila kondisi cuaca buruk saat di laut, langsung mencari pulau terdekat untuk beristirahat hingga cuaca normal. Apabila terjadi apa- apa segera laporkan kepada kita Satpolairud Polres Karimun atau Pol AL terdekat,” ucap Binsar.

Baca Juga :   DJBC Kepri dan Polres Karimun Sita 5 Kg Sabu dari Kurir Narkoba Malaysia

Terakhir, Binsar mengungkapkan bahwa Satpolairud Polres Karimun terus berupaya mencegah insiden di laut dengan meningkatkan pengawasan dan patroli rutin.

Pihaknya juga telah memberikan imbauan secara langsung kepada nelayan dan membagikan sejumlah life jacket.

“Ini juga kerap kali kita sampaikan kepada nelayan dalam patroli rutin, kita juga baru- baru ini ada membagikan life jacket. Ini bentuk kepedulian kita, karena keselamatan nelayan itu salah satu perhatian kita,” tutupnya. (Yogi)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

Trending