Connect with us

Batam

HUT Ke-60 Pramuka, Amsakar: Bela Negara Bisa Dilakukan melalui Ranah Digital

Published

on

Foto Amsakar Achmad, hut ke-61 pramuka, hut pramuka, Wawako Batam Amsakar Achmad

Batam, Kabarbatam.com – Wakil Wali Kota Batam sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam, Amsakar Achmad, menekankan peran Pramuka dalam menjaga persatuan dan membela NKRI. Di era saat ini, membela negara bisa dilakukan melalui ranah digital.

Hal itu disampaikan Amsakar saat menjadi narasumber kegiatan webinar “Indonesia Makin Cakap Digital” di wilayah sumatera yang mengangkat sub tema Peran Gerakan Pramuka Siap Bela Negara melalui Teknologi Digital.

“Era digital memang pada akhirnya membawa perubahan cepat, termasuk dalam penyebaran informasi. Jangan sampai di era digital ini kita terjebak dalam berita bohong atau hoaks,” ujar Amsakar.

Untuk itu, di momen HUT ke-6O Pramuka ini, perlu ada gerakan untuk bergerak di ranah digital. Dalam membela negara dan menjaga kesatuan NKRI, tak melulu dengan fisik. Tapi, lanjut Amsakar, semua bisa membela dengan cara menyebarkan informasi positif melalui digital.

Foto Amsakar Achmad, hut ke-61 pramuka, hut pramuka, Wawako Batam Amsakar Achmad

“Pramuka bisa menjadi perekat, penghubung, sekaligus mampu menjadi jembatan gerakan milenial yang kuat dan cerdas dalam membela keutuhan NKRI. Di era digital ini, tentu sangat banyak caranya,” katanya.

Di kesempatan itu, Amsakar juga menyampaikan beberapaa kegiatan Pramuka Batam pada 2020 lalu dalam membentu negara menangani Covid-19. Ia mengaku, sebanyak 28 kegiatan yang dilakukan mulai dari membagikan masker hingga membagikan sembako.

Hadir dalam seminar Gerakan Nasional Literasi Digital ini, antara lain, Boni Pudjianto Direktur Pemberdayaan Informasi Kemenko RI, dan Berthold DH Sinaulan sebagai Wakil Ketua/ Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika Kwarnas Gerakan Pramuka, dan dipandu oleh Anggi Julivan. (*)

Advertisement

Trending