Connect with us

Kepri

Jadi Irup HUT Ke-19 Kepri, Gubernur Sampaikan Capaian Pembangunan Kepri

Published

on

Foto
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menjadi inspektur upacara (irup) Hari Jadi Provinsi Kepri ke-19 di halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (24/9).

Tanjungpinang, Kabatbatam.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menjadi inspektur upacara (irup) Hari Jadi Provinsi Kepri ke-19 di halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (24/9).

Dalam kesempatan ini Gubernur  berterimakasih kepada seluruh masyarakat Kepri, lalu  menyampaiakan progres capaian pembangunan di Kepri.

Sesuai dengan tema HUT Kepri ke-19 tahun ini, yakni ‘Kepri Sehat, Kepri Maju, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit’ Gubernur mengajak masyarakat menjadikan momen HUT Kepri ini sebagai motivasi dalam meningkatkan pembangunan diseluruh pelosok Kepri.

“Ahamdulillah selama 19 tahun terbentuknya Provinsi Kepulauan Riau telah membuahkan berbagai capaian hasil pembangunan yang sudah bisa dirasakan oleh masyarakat. Hal ini dilakukan tiada lain demi keberlangsungan Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Sebelumnya Wakil Gubernur  Kepri Hj. Marlin telah membacakan sekelumit sejarah perjalanan Provinsi Kepri hingga masuk usia 19 tahun saat ini.

Bersama wakil Gubernur Hj. Marlin, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berjanji akan terus mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakat. Dan  mengajak seluruh pihak untuk dapat berpartisipasi menyukseskan pembangunan Kepulauan Riau.

Foto

“Tahun ini merupakan tahun kedua dihadapkan     pada   kondisi      pandemi    Covid-19, dimana kebijakan pembangunan haruslah dilakukan secara beriringan dan bersinergi dengan upaya penanggulangan Covid-19. Kita haruslah berupaya semaksimal mungkin mengantisipasi dan beradaptasi dalam kebijakan pembangunan akibat adanya pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Gubernur, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah berupaya mewujudkan pembangunan dengan beberapa penekanan pembangunan seperti percepatan penanganan Covid-19, percepatan vaksinasi Covid-19, pemulihan ekonomi masyarakat, peningkatan aktivitas dunia usaha, serta percepatan proyek-proyek strategis di daerah.

Adapun beberapa upaya yang telah dilakukan Pemprov Kepri tersebut yelah membuahkan hasil, diantaranya  terkait penangan Covid, pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah berhasil mengurangi jumlah kasus harian terkonfirmasi, dimana pada saat ini Kepulauan Riau sudah berada dalam Status PPKM level 3.

“Kami berharap dalam hal penanggulangan Covid ini kita secara bersama-sama dapat berpartisipasi dalam penaggulangannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas,” pinta Gubernur.

Berkaitan dengan vaksinasi, Kepulauan Riau juga telah nerhasil melakikan percepatan vaksinasi, dan saat ini sudah hampir 80 persen masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi. Bahkan hal ini telah mendapatkan apresiasi langsung dari  Presiden pada saat peninjauan lokasi vaksinasi di Kepulauan Riau beberapa waktu yang lalu.

Dalam mengatasi pemulihan ekonomi masyarakat di Kepulauan Riau, Pemerintah Provinsi juga telah mengambil beberapa kebijakan seperti program bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dan bantuan sosial bagi keluarga terkonfirmasi Covid-19. Kebijakan ini diharapkan dapat menjaga agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat, sehingga tetap mampu untuk beraktivitas.

“Pemulihan ekonomi daerah secara makro juga dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dengan peningkatan aktivitas usaha melalui bantuan kepada UMKM, relaksasi pajak daerah, rencana penerapan travel bubble, serta beberapa objek potensial di Provinsi Kepulauan Riau untuk pemulihan bidang pariwisata, peningkatan ekspor dan peningkatan investasi melalui KEK yang ada di Kepulauan Riau,” twrangnya.

Tidak hanya sampai disitu, Pemerintah Provinsi Kepri juga tetap berupaya mewujudkan pembangunan proyek-proyek strategis yang ada di Kepulauan Riau, serta berupaya melakukan penyediaan infrastruktur dasar demi pemerataan pembangunan Kabupaten/Kota seperti penyediaan listrik dan telekomunikasi hingga ke pelosok pulau.

Saat ini kondisi Kepulauan Riau diklaim oleh Gubernur telah berangsur-angsur kearah yang lebih baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh capaian pembangunan hingga triwulan II ini, dimana pertumbuhan perekonomian Kepulauan Riau telah tumbuh positif sebesar 6,90 persen. Hasil capaian pembangunan lainnya seperti IPM, dan dibidang kesehatan pun sudah menunjukkan hasil yang baik.

Dalam setahun terakhir, Kepri juga telah banyak menyabet penghargaan di tahun ini diantaranya Menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK; Penghargaan Top inovasi pelayanan publik  Terpuji KIPP 2021 untuk aplikasi proses perizinan dengan jarimu yang diberi nama ‘sijempol’ dengan Peringkat Terbaik I Tingkat nasional.

Kemudian ada Penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2021; Juara 3 tingkat nasional pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke-XXII tahun 2021; Penghargaan Tingkat Nasional sebagai Provinsi Pelopor Layak Anak; dan Penghargaan Nasional Anugrah Parahita  Ekapraya Kategori Utama

“Hasil capaian pembangunan dan penghargaan yang didapat tersebut merupakan hasil kerja kita bersama, untuk itu kami Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tak henti-henti mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kerja bersama membangun Kepri ditengah Pandemi Covid-19 ini,” ajaknya.

Diakhir sambutan, Gubernur kembali berterimakasih kepada seluruh masyarakat Kepri, terutama  kepada para pejuang dan pendiri Provinsi Kepulauan Riau yang telah tiada, denganbucapan semoga semua amal baktinya diterima oleh Allah SWT serta diberikan tempat yang terbaik disisi-Nya.

“Untuk para pejuang dan pendiri Kepri yang hari ini masih diberi umur panjang, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kekuatan serta lindungan agar dapat terus menyaksikan dan menikmati pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau,” ucap Gunernur.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh komponen masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau, mulai dari Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota, DPRD Provinsi dan Kabupaten/ Kota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Dunia usaha dan Swasta, Kalangan Pers serta masyarakat secara umum, atas semua partisipasi, bantuan dan dukungan dalam membangun Kepri sebagai  Bunda Tanah Melayu.

Tampak hadir dalam kesempatan ini mantan Pj. Gubernur Kepri Agung Mulyana, Panhoogabwilham I, ketua TP.PKK Kepri, Kapolda Kepri, Danlantamal IV, Kajati Kepri, Danrem 033 Wirapratama, Kakanwil PTA Pekanbaru serta seluruh jajaran pejabat vertikal, para dirur BUMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepa OPD  dan sebagainya.(***)

Advertisement

Trending