Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Headline

Jumlah Pasien Covid-19 di Indonesia Bertambah Jadi 117 Orang

fikri

Published

on

Advertisement
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider

Batam, Kabarbatam.com– Jumlah warga atau pasien positif terjangkit virus korona atau covid-19 bertambah. Juru bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto menyatakan, terdapat 21 pasien baru positif terjangkit korona virus.

Data tersebut berdasarkan hasil laboratorium yang diperoleh Achmad Yurianto per 15 Maret 2020. Pasien umumnya di Jakarta.

“Per hari ini (Minggu, 15 Maret 2020) dari lab yang saya terima pagi ya, hari ini kita dapatkan 21 kasus baru. Sebanyak 19 di antaranya di Jakarta dan dua lainnya di Jawa Tengah,” kata Yurianto di Komplek Istana Negara seperti dirilis dalam laman resmi Kementerian Kesehatan.

“Merujuk pada data tersebut, total pasien korona hari ini sebanyak 117 orang. Data pasien positif Covid-19 ini selanjutnya akan dikirim ke rumah sakit,” ujarnya.

Yurianto mengungkapkan, data ini akan digunakan untuk menyampaikan ke pasien-pasien. Dengan seperti itu, mereka tahu alasan jelas mengapa mereka harus diisolasi.

“Dokter pun harus menyampaikannya ke dinas kesehatan setempat karena ini penting dalam konteks untuk tracking,” ujarnya.

Selanjutnya, Kadinkes akan berbicara dengan kepala daerah masing-masing. Kepala daerah nanti akan memberikan penyuluhan ke masyarakat tentang pandemik ini. Setiap kepala daerah bisa menggunakan strateginya masing-masing dalam penanganan covid-19.

“Kasus ini adalah kasus penyakit menular yang pendekatannya dengan komunitas,” kata Yurianto.

Masalah ini, tambahnya, sudah menjadi bencana nasional non alam, maka semua kapasitas nasional baik di pusat maupun daerah atau institusi lain termasuk masyarakat mutlak berpartisipasi.

Yurianto memghimbau masyarajat tetap tenang dan jaga kesehatan. “Cucilah tangan dengan sabun dan air atau pembersih berbahan dasar alkohol, jangan berkontakan langsung dengan orang sakit, hindari memegang mata, hidung, dan mulut,” pungkasnya. (Med)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending