Connect with us

Ekonomi

Kabar Nilai Tukar Rupah ke Dolar AS Hari Ini 9 Agustus 2021

Published

on

Foto Kabar Rupiah, Kurs Dolar AS, Niai Tukar Rupiah Hari Ini

Kabarbatam.com– Kabar nilai tukar Rupiah ke Dolar AS hari ini diprediksi akan melemah pada perdagangan Senin (9/8/2021) seiring dengan rilis data ketenagakerjaan AS yang menopang penguatan dolar AS.

VP Economis Bank Permata Josua Pardede mengatakan, nilai tukar rupiah akan cenderung bergerak melemah terbatas pada Senin (9/8/2021).

Hal ini terjadi seiring dengan proyeksi data non farm payroll (NFP) AS yang diproyeksi lebih tinggi dari perkiraan.

“Rupiah diperkirakan bergerak pada kisaran Rp14.300 – Rp14.400 per dolar AS,” katanya pekan lalu.

Josua memaparkan, kenaikan NFP diperkirakan kembali mendorong ekspektasi percepatan proses tapering dari The Fed.

Hal ini bepotensi meningkatkan permintaan terhadap dolar AS. Penguatan dolar AS juga ditopang oleh rilis data inflasi AS pada pertengahan pekan ini.

Meski demikian, bila indikator AS lebih buruk dibandingkan ekspektasi, maka pergerakan dolar akan cenderung berbalik arah. “Sehingga rupiah juga masih berpotensi menguat,” tambahnya.

Sebelumnya, berdasarkan data Bloomberg, rupiah terdepresiasi 0,07 persen menjadi Rp14.352 per dolar AS pada Jumat (6/8/2021).

Dari kawasan Asia Pasifik, rupiah melemah bersama baht Thailand yang turun 0,40 persen, peso Filipina turun 0,33 persen, dan yuan China turun 0,11 persen.

Di sisi lain, yen Jepang menguat 0,04 persen dan won Korea Selatan naik 0,12 persen. Pada saat bersamaan, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang utama dunia menguat 0,15 persen menjadi 92,38.(*)

Advertisement

Trending