Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Batam

Kadin Batam Dorong Aparat Ungkap Pelaku Utama Penyelundupan Rokok di Batam

fikri

Published

on

Advertisement
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider

Batam, Kabarbatam.com– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam akan memberikan apresiasi bagi petugas atau lembaga yang berhasil mengungkap dan menangkap otak pelaku atau oknum pengusaha penyelundup rokok ilegal.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Batam, Jadi Rajagukguk, Senin (13/4/2020).

Jadi mengatakan, sudah puluhan kali kapal penyelundup ditangkap oleh aparat, namun yang berhasil diamankan nahkoda dan ABK kapal, sementara pelaku utama atau ‘otak’ di balik penyelundupan tersebut belum pernah ditangkap.

“Sudah puluhan kali kapal penyeludup ditangkap tapi belum ada pelaku yang sebenarnya yang diungkap, yang ditangkap hanya pembawa saja, nahkoda atau ABK, sementara tokoh sentral atau pelaku utama, termasuk pemilik barang belum pernah saya dengar ditangkap,” ujar Jadi.

Menurut Jadi, di perairan banyak petugas yang keliling menjaga perairan Batam, jika hanya mengandalkan Bea dan Cukai tentu bea cukai ada keterbatasannya, maka perlu kerjasama dari seluruh pihak, termasuk masyarakat Batam.

“Kita mengapresiasi usaha dan upaya yang telah dilakukan petugas dalam hal ini kepolisian, hanya perlu didalami kepada tersangka JU, siapa pelaku penyelundup 1.300 rokok Luffman sebenarnya?. Sepertinya ada oknum pengusaha dibalik JU yang perlu ditelusuri dan didalami, saya yakin pihak kepolisian pasti bisa menelusuri jaringan penyeludupan itu,” tuturnya.

Jadi Rajagukguk menegaskan, Kadin Batam akan memberi apresiasi kepada petugas atau lembaga dan akan menyampikan prestasi tersebut kepada Presiden Joko Widodo, bagi petugas atau lembaga yang berhasil mengungkap dan menangkap oknum pengusaha yang berada dibalik kasus penyeludupan rokok dan mikol selama ini yang merusak status FTZ Batam,” tegas Jadi Rajagukguk.

“Sekali lagi, yang perlu diungkap bersama-sama adalah siapa oknum pengusaha yang bermain dibalik kasus penyeludupan di kawasan FTZ Batam. Ini yang perlu diungkap,” pungkasnya.(Tok)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending