Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Karimun

Kapal Bermuatan Kelapa Tujuan Batu Pahat Malaysia Tenggelam di Selat Malaka

Published

on

Foto batu pahat malaysia, Headline, kapal bermuatan barang tenggelam, kapal firman jaya karam, kapal tenggelam, Km firman jaya, perairan selat malaka
Tim evakuasi bersama Pos Basarnas Kabupaten Karimun mengevakuasi nakhoda dan ABK KM Firman Jaya di perairan Selat Malaka.

Karimun, Kabarbatam.com – Kapal Motor (KLM) Firman Jaya bermuatan 180 ton tenggelam di perairan Selat Malaka, Rabu (10/11/2021).

Kapal dengan 1 nahkoda kapal dan 4 anak buah kapal (abk) tersebut berlayar dari Sungai Guntung Indragiri Hilir, Riau menuju Batu Pahat, Malaysia.

Kepala Pos Basarnas Kabupaten Karimun, Khairul Nazri mengatakan, tenggelamnya KLM Firman Jaya diduga disebabkan cuaca buruk yang terjadi perairan Selat Malaka sekitar pukul 15.00 WIB.

“KLM Firman Jaya ini berlayar menuju Batu Pahat Malaysia, dikarenakan cuaca yang kurang baik kapal terkena badai hingga tenggelam,” kata Khairul Nazri, Rabu (10/11/2021).

Nazri mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden nahas tersebut.

Pasalnya, satu nahkoda dan empat ABK KLM Firman Jaya saat kejadian telah berhasil menyelamatkan diri

Setelah terombang ambing di laut, kata dia, mereka kemudian ditemukan dan diselamatkan oleh Kapal TB Tirta XX yang sedang melintas di lokasi kejadian.

“Kelima ABK dalam keadaan selamat dan langsung kita evakuasi ke Kabupaten Karimun menggunakan Speed Boat (SB) milik KSOP Tanjungbalai Karimun dan Kapal Patroli Satpolairud Polres Karimun,” kata Nazri.

Nazri mengungkapkan, bahwa kondisi cuaca saat KLM Firman Jaya berlayar memang sedang terjadi hujan ringan.

Dimana, berdasarkan data cuaca hujan ringan tersebut juga disertai dengan tinggi gelombang 0,3 sampai 1 meter.

“Sementara arus angin barat diperkirakan 5 sampai 30 Km per jam dan arus barat ke utara sekitar 5 sampai 45 cm per detik,” ujarnya. (Yogi)

Advertisement

Trending