Connect with us

Batam

Kapasitas Rumah Sakit Full, Warga Batam Jangan Abaikan Protokol Kesehatan!

Published

on

Foto Batam, Kapasitas rumah sakit, Kota Batam, Protokol kesehatan, RS Khusus Covid-19, RSKI Galang, Rumah Sakit di Galang
Rusun di Tanjunguncang mulai digunakan sebagai lokasi karantina bagi pasien covid tidak bergejala.

Batam, Kabarbatam.com – Jumlah pasien Covid-19 yang terus bertambah membuat kapasitas di sejumlah rumah sakit di Batam saat ini full. Tidak hanya RSUD Embung Fatimah, RS Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang juga sudah full.
Mengantisipasi jumlah pasien bertambah dan membutuhkan penanganan medis, sejumlah rusun di Tanjunguncang digunakan sebagai lokasi karantina.
Rusun tersebut digunakan untuk menangani pasien covid 19 yang kategori asimptomatis atau tak bergejala. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Dr Didi Kusmarjadi SPoG, Minggu (25/10/2020).
“Semua rumah sakit sudah full kapasitas, termasuk RSKI Corona Galang, akhirnya pasien-pasien positif yang tak bergejala kita karantina dan rawat di Rusun Tanjunguncang,” ungkap Dr Didi Kusmarjadi.
Pihaknya menghimbau masyarakat Batam agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19.
Foto Batam, Kapasitas rumah sakit, Kota Batam, Protokol kesehatan, RS Khusus Covid-19, RSKI Galang, Rumah Sakit di Galang
Sementara itu, sesuai update yang dirilis Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepri, pasien Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau kini mencapai 3.330 orang. Wilayah Batam, merupakan wilayah dimana warganya banyak terpapar virus ini, yakni 2.617 orang.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.531 orang di wilayah Kepulauan Riau telah dinyatakan sembuh.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dr. Tjetjep Yudiana mengatakan,”Untuk pasien positif Covid-19 di Kepri, 2.617 orang terkonfirmasi positif di Batam, 401 orang positif Covid-19 di Tanjungpinang, 204 orang positif di Bintan, dan 102 orang positif di Karimun, 5 orang di Lingga, serta 1 orang di Natuna,” ungkapnya.
Adapun pasien dalam kasus aktif Covid-19 pada hari ini sebanyak 584 orang di Batam, 69 di Tanjungpinang, 45 orang di Kabupaten Karimun, 11 orang di Kabupaten Bintan, dan 2 orang di Lingga.
Foto Batam, Kapasitas rumah sakit, Kota Batam, Protokol kesehatan, RS Khusus Covid-19, RSKI Galang, Rumah Sakit di Galang
Selanjutnya, sambung Tjetjep, pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid, masing-masing; 1.968 pasien sembuh di Batam, 322 orang di Tanjungpinang, 188 orang di Bintan, 45 orang di Kabupaten Karimun dan 2 orang di Lingga.
Kemudian, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia di Kepri mencapai 88 orang, diantaranya 65 orang di Batam, 10 orang di Tanjungpinang, 6 orang di Karimun, 5 orang di Bintan dan 1 orang di Lingga.
Tjetjep Yudiana, yang juga Ketua Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kepri,  menyampaikan, Tim Gugus Tugas terus menghimbau masyarakat Kepri agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas untuk memutus rantai penyebaran virus corona.
“Tingkatkan kesadaran diri untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan setiap harinya. Gunakan masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Kami juga mengajak masyarakat agar selalu menjaga pola hidup sehat, dan rutin berolahraga,” pungkasnya. (Atok).

Advertisement
Bp Batam

Trending