Connect with us

Headline

Karhutla di Kundur Utara Karimun Hanguskan Satu Rumah Warga

Published

on

Foto karhutla, karhutla di galang
Tim Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan karhutla di Kundur Utara, Karimun.

Karimun, Kabarbatam.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Karhutla yang diperkirakan seluas 10 hektare itu terjadi di Tanjung Berlian Kota, Kecamatan Kundur Utara, Jum’at (26/2/2021) siang.

Amukan si jago merah yang terjadi hingga Sabtu (27/2/2021), bahkan meludeskan satu rumah warga bernama Hamidah.

“Korban berhasil selamat karena memang lokasinya jauh dari titik api, sehingga dapat dilakukan evakuasi,” ujar Camat Kundur Utara, Isnaidi, Sabtu (27/2/2021).

Camat mengatakan, kejadian tersebut bermula sekitar pukul 13.30 Wib, pihaknya kemudian mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Tanjungbatu Kundur dan PT Timah tbk.

“Petugas damkar bersama TNI-Polri dan warga setempat hingga saat ini masih berjibaku memadamkan api,” katanya.

Foto karhutla, karhutla di galang

Mengenai apakah terjadinya karhutla tersebut dipicu oleh pembukaan lahan dengan cara dibakar seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Kecamatan Tebing dan Meral.

Isnaidi mengaku belum dapat memastikan hal tersebut. Namun, pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kundur Utara.

“Terhadap rumah warga yang terbakar saat ini yang bersangkutan sudah mengungsi di rumah saudaranya, tindak lanjutnya kami juga sudah laporkan ke dinas sosial,” ucapnya.

“Kondisi terakhir, api dilaporkan sudah perlahan mereda. Namun, karena lokasi adalah lahan gambut sehingga masih ada sejumlah titik api yang masih nyala,” tambah Isnaidi.

Foto karhutla, karhutla di galang

Sementara itu, Kapolsek Kundur Utara AKP Edi Suryanto mengatakan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan terhadap karhutla tersebut.

“Kita sedang melakukan penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi,” katanya, Sabtu (27/2/2021). (Yogi)

Advertisement
Bp Batam

Trending