Connect with us

Lingga

Kemendikbudristek Realisasikan Tunjangan Khusus Guru di Lingga

Published

on

Kadisdikpora Lingga
Kadisdikpora Lingga, Junaidi Adjam | Foto : Fikri

Lingga, Kabarbatam.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), akhirnya merealisasikan pembayaran Tunjangan Khusus Guru (TKG).

Pada tahun 2019 yang lalu, hanya 15 orang guru PNS dari 2 sekolah yang mendapatkan TKG, yakni, guru di 2 sekolah yang berada di Desa Pekajang, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam mengatakan, pada tahun 2020 Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, kembali mengusulkan TKG ke Kemendikbud-Ristek RI.

“Akhirnya disetujui Kemendikbud-Ristek, namun hanya 11 Desa dan 29 Sekolah serta sebanyak 136 guru PNS dan Honorer, akan mendapatkan TKG dengan pembayaran Cary Over (CO) di tahun 2021 ini,” kata Junaidi Adjam kepada media. Selasa (24/8/2021).

Junaidi menjelaskan, berdasarkan Permendikbud no.19/2019. di tahun 2021 ini dengan Kepmendikbud no.160.P/2021. tentang daerah khusus berdasarkn kondisi geografis atau Indeks Akses Satuan Pendidikan (IASP), dari 75 Desa di Kabupaten Lingga, hanya 12 Desa yang disetujui.

Junaidi melanjutkan, ada 31 sekolah yang masuk, sehingga sebanyak 152 orang guru PNS dan 42 guru Honorer yang akan mendapatkan TKG, untuk Triwulan I dan Triwulan II di tahun 2021 ini.

“Alhamdulilah, kita semua mengucapkan syukur setelah penantian panjang para guru yang sudah mengabdi di daerah-daerah terpencil, terima kasih guru juga kepada Bupati Lingga yang telah merekomendasi usulan TKG ini, ke Kemendikbudristek RI, yang akhirnya membuahkan hasil,” katanya

Junaidi berharap dengan telah direalisasikannya tunjangan bagi guru diwilayah terpencil, agar lebih meningkatkan kinerja dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

“Tentunya diharapkan agar para guru semakin meningkatkan kedisiplinanan dan kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas yang penuh dengan tantangan berat baik aksesbilitas, komunikasi maupun transportasi. Apresiasi buat guru semua,” pungkasnya.(Yoga)

Advertisement

Trending