Connect with us

Kepri

Kepri Tuan Rumah Porwil XII Sumatera pada 2027, Siap-Siap Pariwisata Semakin Menggeliat

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20231106 Wa0159
Ketua Umum KONI Kepri Usep RS bersama 10 Pengurus KONI Provinsi di Wilayah Sumatera berkumpul untuk membahas penyelenggaraan Porwil XII tahun 2027 mendatang. 

Batam, Kabarbatam.com – Ketua Umum KONI Kepri Usep RS bersama 10 Pengurus KONI Provinsi di Wilayah Sumatera berkumpul untuk membahas penyelenggaraan Porwil XII tahun 2027 mendatang.

Hasilnya, Provinsi Kepri disepakati sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porwil 2027.

Ketua KONI di 10 provinsi di Sumatera tersebut antara lain : KONI Riau, KONI Aceh (wakil setuju), KONI Sumut, KONI Sumbar, KONI Jambi, KONI Sumsel, KONI Bengkulu, KONI Babel, KONI Lampung, dan KONI Kepri.

“Kami para Ketua KONI di seluruh propinsi di Sumatera sudah berkumpul dan memutuskan bahwa penyelenggaraan Porwil XII Tahun 2027 yaitu di Propinsi Kepri,” ujar Usep RS, Senin (6/11).

Usep RS mengatakan, pada Minggu (5/11) malam bertempat di Hotel Grand Jatra telah berlangsung pertemuan para Ketua KONI. Pertemuan dan rapat tersebut berlangsung sampai pukul 23.00.

Img 20231106 Wa0161

Semula, ada dua provinsi yang mengajukan diri sebagai penyelenggara Porwil XII yaitu Propinsi Jambi dan Propinsi Kepri.

“Ketua KONI Se-Sumatra menggelar rapat untuk memutuskan siapa yang akan menjadi Tuan Rumah PORWIL XII, yang mengajukan diri adalah Jambi dan Kepri,” ujar Usep RS.

Terkait kesiapan Kepri sebagai penyelenggara Porwil XII ini, Usep RS mengaku optimistis Kepri siap sebagai tuan rumah.

Hal ini juga sesuai dengan yang disampaikan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui Kadispora Kepri Muhammad Ikhsan bahwa Kepri senantiasa siap dan bersedia apabila ditunjuk dan diputuskan sebagai tuan rumah Porwil.

“Gubernur melalui Kadispora Kepri sudah menyampaikan bahwa Kepri bersedia menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah Sumatera XII 2027,” ungkapnya.

“Rapat cukup alot dan  setelah ada dinamika dan demi kebersamaan di wilayah Sumatra, maka Provinsi Jambi bersedia memberikan kesempatan ke Kepri sebagai tuan rumah,” kata Usep.

Dalam pertemuan KONI se-Sumatra disepakati untuk penambahan cabang olahraga dalam Porwil XII 2027 menjadi 20 cabang olahraga. Hal tersebut sudah disetujui oleh KONI tinggal menyampikan ke BP Cobor di KONI Pusat.

“Setelah Kepri ditunjuk sebagai tuan rumah tentu harus mempersiapkan sarana dan prasarana veneu, terutama atletik dan kolam renang dan hal ini sudah disampaikan kepada gubernur Ansar Ahmad dan beliau merespon dan siap perjuangkan Kepri sebagai tuan rumah,” tambahnya.

Penyelengaraan Poprvop XII 2027, selain meningkatkan prestasi olahraga nasional dan international, tentu akan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kepri, karena akan hadir kontingen dari 10 provinsi se-sumatra sengan rincian, atlit 350-400 orang atlit, official 100-150 orang dan pengurus 70-100 orang, jadi yang akan hadir peserta Porprov sebanyak 6.000 orang selama 14 hari pelaksanaan. “Ini akan mampu meramaikan wisata kuliner, UMKM, dan hotel di Kepri,” ujar Usep. (*)

Advertisement

Nasional

Trending