Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay puri selebriti

Batam

Anggota Dewan Kawasan: Wali Kota Juga Seharusnya Cuti sebagai Kepala BP Batam

Published

on

Taba Iskandar Pilkada 2020 Kepala BP Batam dewan kawasan bp batam BP Batam Anggota dewan kawasan
Anggota Tim Teknis Dewan Kawasan PBPB Batam, Taba Iskandar.

Batam, Kabarbatam.com – Anggota Tim Teknis Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam Taba Iskandar menilai, Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi sekaligus Ex-Officio Kepala BP Batam secara otomatis juga cuti dari jabatannya selaku Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Hal tersebut disampaikan Taba Iskandar, terkait opini publik yang berkembang mengenai boleh tidaknya Wali Kota Batam HM. Rudi sekaligus ex-officio Kepala BP Batam cuti selama pelaksanaan Pilkada.

“Kalau mengacu sesuai dengan ketentuan PP Nomor 62 Tahun 2019, secara otomatis jabatan Kepala BP Batam melekat pada Wali Kota Batam. Maka apabila yang bersangkutan berhalangan tetap atau berhalangan sementara sebagai Wali Kota Batam ex-officio kepala BP Batam maka secara otomatis juga HM. Rudi cuti dari Kepala BP Batam,” kata Taba kepada Kabarbatam.com.

Dikatakan Taba, dalam Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 62 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 46 tahun 2007 Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, dalam salah satu pasalnya dijabarkan penjelasan tentang kedudukan Kepala BP Batam.

Yakni, sambung Taba, pada pasal 2A ayat (1) Pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam dilaksanakan oleh Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik.

Dan pada Ayat (1a) Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dijabat ex-officio oleh Wali Kota Batam.

Baca Juga :   BP Batam Promosikan Potensi Investasi di Tiongkok dan Rusia

Kemudian pada ayat (1b) Wali Kota Batam sebagaimana dimaksud pada ayat (la) harus memenuhi syarat:

a. tidak sedang menjalankan masa tahanan; atau
b. tidak berhalangan sementara, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pemerintahan daerah.

“Sehingga jika mengacu pada ketentuan pasal tersebut, maka secara otomatis Walikota Batam ex-officio kepala BP Batam ketika berhalangan tetap atau sementara juga harus cuti dan tidak menjabat Kepala BP Batam,” ujarnya.

“Yang kami sampaikan di sini adalah jabatan Wali Kota Batam ex-officio Kepala BP Batam, bukan mengenai pribadi selaku ex-offico tetapi sebagai Wali Kota Batam,” tambahnya.

Taba khawatir jika selama mengemban jabatannya selaku Kepala BP Batam,  keijakan-kebijakan Wali Kota Batam ex-officio Kepala BP Batam menimbulkan persoalan hukum.

“Itu yang tidak kita inginkan. Saya menyampaikan hal ini kapasitas saya selaku Anggota Tim Teknis Dewan Kawasan. Makanya dalam struktur BP Batam ada Wakil Kepala BP Batam, sehingga ketika Kepala BP Batam berhalangan atau cuti maka jabatan diemban oleh Wakil Kepala BP Batam,” urai Taba.

Diberitakan sebelumnya, H. Muhammad Rudi, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam terus bekerja melaksanakan tugasnya untuk menjaga kesinambungan investasi di Pulau Batam.

Hal itu mengacu pada Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 791/PL.02.2-SD/03/KPU/IX/2020 yang menegaskan bahwa Rudi tidak perlu cuti dari jabatannya sebagai kepala BP Batam selama masa kampanye.

Baca Juga :   Aunur Rafiq-Anwar Hasyim Peroleh Dukungan Partai Gelora Indonesia

“Beliau tetap bekerja menjalankan tugas sebagaimana diamanahkan, saat ini beliau sedang Rakor dengan kementerian di Lagoi Bintan. Pak Rudi bekerja dan melangkah bersandar pada aturan hukum dan perundang-undangan yang ada. Yang paling penting perlu dicatat, Pak Rudi harus menjaga pelayanan, kepastian dan kepercayaan investasi di Batam tetap berjalan sebagaimana mestinya,” ujar Muhammad Kamaludin, Ketua Tim Pemenangan Ramah, Sabtu (26/9/2020).

Menurut Kamal, calon Walikota Batam Muhammad Rudi sangat bijaksana dan profesional dalam bekerja. Ia sangat bisa memposisikan diri dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala BP Batam dan sebagai calon wali kota.

Kamal menjelaskan, bahwa isu seputar polemik tentang kenapa Muhammad Rudi yang tidak cuti dalam masa kampanye tidak relevan lagi untuk dikembangkan dan ditarik-tarik jadi komsumsi politik. Apalagi sudah ada surat resmi dari KPU-RI yang menegaskan hal tersebut.

“Ditambah lagi, penjelasan dari KPU Batam yang menegaskan bahwa Kepala BP memang tidak diharuskan cuti dalam masa kampanye karena menurut aturan perundang-undangan, BP Batam bukan termasuk ke dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). BP Batam merupakan Badan Layanan Umum, maka Kepala BP Batam bukan merupakan pejabat negara,” jelasnya.

Seperti dilansir dari Surat Keputusan KPU-RI tertanggal 18 September 2020, ditandatangani langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Arief Budiman.
Bernomor surat 791/PL.02.-D/oP/I/2020, KPU Pusat memberikan penjelasan, tentang kedudukan Wali Kota Batam ex-officio Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Baca Juga :   Isdianto: Calon Wakil Gubernur Saya Sudah Mengerucut pada Satu Nama

“Ada 9 poin isi surat itu, masing-masing poin juga berisi penjelasan rinci tentang kedudukan Wali Kota Batam sebagai Ex-Officio Kepala BP Batam. KPU RI tak ingin terpeleset, rincian penjelasan kedudukan Wali Kota Batam sebagai Ex-Officio dijabarkan berdasarkan aturan negara, sejumlah undang-undang dirinci, seperti Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN atau Pejabat BUMN BUMD.Selain itu, sejumlah Peraturan Pemerintah juga ikut mejabarkan isi surat tersebut,” terangnya. (aan)

Taba Iskandar Pilkada 2020 Kepala BP Batam dewan kawasan bp batam BP Batam Anggota dewan kawasan
Taba Iskandar Pilkada 2020 Kepala BP Batam dewan kawasan bp batam BP Batam Anggota dewan kawasan  Taba Iskandar Pilkada 2020 Kepala BP Batam dewan kawasan bp batam BP Batam Anggota dewan kawasan  Taba Iskandar Pilkada 2020 Kepala BP Batam dewan kawasan bp batam BP Batam Anggota dewan kawasan
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending