Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay puri selebriti

Lingga

Panen Padi Sawah Desa Lanjut Untuk Bibit dan Dikirim ke Natuna

fikri

Published

on

panen padi di sawah desa lanjut
Panen padi di sawah Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir,Labupaten Lingga

Lingga, KABARBATAM.COM – Kelompok tani sawah Desa Lanjut lakukan panen padi pada luas lahan percetakan sekitar 2 hektare, hasil padi pada panen tersebut mengalami peningkatan dan padi tersebut tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk dijadikan bibit dan dikirim ke Kabupaten Natuna.

“Pada panen kali ini hasilnya meningkat dari hasil panen sebelumnya. Namun hasil panen ini akan kita jadikan benih atau bibit untuk ditanam kembali, dan sebagainnya akan kita kirim ke Natuna,” kata Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, Hernowo di sawah Desa Lanjut, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kamis (27/8/2020).

Dijelaskan Herwono, adapun bibit padi yang dipanen tersebut yakni arietas impago 8 atau Gogo dan menggunakan pola tanam jajar legowo 2:1.

Herwono yakin, dengan hasil panen yang semakin positif, masyarakat akan semakin bersemangat untuk melakukan penanaman terutama pada lahan-lahan yang belum ditanami.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar yang pada saat itu ikut bersama para petani memanen padi tersebut menyebutkan, Kabupaten Lingga merupakan satu-satunya di Kepri yang mampu menghasilkan bibit padi dari percetakan sawahnya. Bibit padi varietas impago 8 yang dihasilkan dari percetakan lahan di Desa Lanjut telah teruji lulus uji sertifikasi untuk dijadikan benih atau bibit untuk ditanami kembali.

panen padi di sawah desa lanjut

Wakil Bupati Lingga bersama Ketua Komisi III DPRD Lingga ikut panen padi bersama petani di sawah Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir

“Jadi, optimisme, kerja bersama, kerja keras dan bila dilakukan dengan sunguh-sunguh, Insya Allah akan berhasil,” kata Nizar.

Nizar optimis, jika dikelola dengan baik tanah Lingga mampu memproduksi padi dengan kualitas dan kuantitas yang baik, hal tersebut telah teruji dengan membuahkan bibit yang telah lulus uji sertifikasi dan terbukti dengan hasil panen yang semakin hari semakin meningkat dari beberapa percetakan sawah di Kabupaten Lingga.

“Alhamdulillah, hasilnya kali ini sangat baik dan ada kenaikan hasil panen dari sebelumnya. Ini membuktikan bahwa kita mampu untuk mengolah persawahan di tanah kita,” kata Nizar

Program pertanian di Kabupaten Lingga perlahan telah menunjukkan hasil yang positif, tentunya dengan hasil panen yang menunjukkan pertumbuhan yang positif dukungan dari pemerintah pusat, dan pemerintah daerah akan terus mendorong petani Lingga untuk menjadi petani yang ber-SDM unggul dan mandiri.

Ikut bersama pada panen padi tersebut yakni, Ketua Komisi III DPRD Lingga, Neko Wesha Pawelloy, Kabid Pertanian, Dinas pertanian Provinsi Kepri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, Camat Singkep Pesisir, Kades Lanjut, penyuluh Pertanian serta masyarakat petani Desa Lanjut.(Fikri)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending