Connect with us
Promo Harris Hotels Discount 35% The Nove Apartment Nuvasa Bay

Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Masa Pandemi Covid-19

Published

on

Kesehatan paru-paru Kesehatan Jogging
Foto: ilustrasi

Kabarbatam.com– Paru-paru memiliki peranan penting dalam hidup manusia. Menurut American Lung Association manusia mengambil sekitar 20.000 nafas per harinya.

Setiap napas yang masuk ini akan melalui sistem pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, trakea, dan paru-paru. Nantinya oksigen dari napas ini akan dialirkan ke seluruh pembuluh darah, lalu masuk ke masing-masing sel tubuh.

Selama masa pandemi ini, paru-paru menjadi bagian yang krusial untuk tetap dijaga kesehatannya karena virus covid-19 menyerang orang-orang melalui sistem pernafasan.

Orang-orang dengan kekebalan tubuh yang rendah, harus menjaga paru-paru dengan rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi seimbang, dan menjauhi faktor risiko yang bisa menimbulkan masalah pada paru, seperti merokok.

Olahraga rutin bisa menjadi salah satu kebiasaan yang baik selama masa pandemi ini untuk menjaga kestabilan tubuh. Berikut ada 4 olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk menjaga tubuh terutama paru-paru mu tetap sehat seperti yang dikutip dari halodoc.com.

1. Renang

Berenang memiliki segudang manfaat untuk menjaga supaya paru-paru mu tetap sehat. Hal ini dikarenakan berenang mampu meningkatkan volume darah, sehingga lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam paru-paru dan otot. Selain itu, berenang juga efisien dalam pelepasan karbon dioksida.

Baca Juga :   Begini Cara Mencuci Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Renang menjadi pilihan utama untuk menjaga kesehatan paru-paru karena ketika berenang seseorang melakukan latihan pernafasan, seperti mengambil, menahan dan mengeluarkan napas. Kegiatan tersebut bisa meningkatkan efektivitas paru-paru, sehingga bisa lebih optimal dan sehat.

2. Jalan kaki

Jalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga mudah dan murah. Meski begitu, dengan jika dilakukan dengan intensitas rendah hingga sedang bisa bermanfaat bagi tubuh. Lakukan jalan kaki sekitar 30 menit setiap harinya, akan meningkatkan kapasitas pernapasan dan kualitas hidupmu. Selain itu, aktivitas jalan kaki juga bisa memberikan energi untuk tubuh dan memperkuat paru-paru.

3. Latihan pernapasan

Ahli di University of Missouri mengatakan kalau latihan pernapasan dengan perut bisa memperkuat dan membersihkan paru-paru. Untuk melakukan latihan pernapasan ini cukup mudah. Mulai lah dengan berbaring terlentang dan tangan diletakkan di atas perut dengan telapak di bagian bawah tulang rusuk. Lalu, ambilah napas secara perlahan dan dalam, sehingga memungkinkan diafragma memperluas.

Baca Juga :   Mulai Hari Ini, Pelanggar Protokol Kesehatan Langsung Dirapid Tes

Setelah menahan napas sejenak, buanglah napas secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini selama lima menit sambil berbaring santai dan mata tertutup. Ini dilakukan untuk menarik oksigen ke bawah paru-paru.

4. Yoga

Olahraga terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah Yoga. Olahraga ini dirancang khusus untuk membantu tubuh dalam melepaskan racun dari otot dan organ. Lakukanlah yoga sekitar 15 sampai 30 menit setiap hari untuk membantu tubuh mengeluarkan racun dari paru-paru.

Ada penelitian menarik dari BKS Iyengar, pelopor yoga yang sering dijadikan rujukan terapi yoga. Penelitian yang dilakukan Iyengar saat berusia 80 tahunan ini menunjukkan bahwa dari hasil telaah fisiologis memperlihatkan, elastisitas kulit, kerja organ paru-paru, jantung serta pencernaannya masih seperti orang yang berusia 20-an tahun.

Rutin lakukan beberapa kegiatan diatas untuk menjaga paru-paru dari serangan virus covid-19. Tetap jaga jarak di manapun kamu berada. Jangan lupa pakai masker dan cuci tangan juga ya. (Mdk)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Promo Harris Hotels Discount 35%

Advertisement

Trending