Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Kepri

Kucurkan Dana Aspirasi Rp500 Juta, Cen Sui Lan Kembangkan Pariwisata Desa Keban Karimun

Published

on

Foto Cen Sui Lan, Cen Sui Lan anggota dpr ri, dana aspirasi, legislator golkar Cen Sui Lan, Pariwisata Desa Keban

Karimun, Kabarbatam.com – Anggota DPR RI, Cen Sui Lan terus berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Kali ini, legislator Dapil Kepulauan Riau ini mengucurkan dana aspirasinya untuk kegiatan infrastruktur senilai Rp. 500 juta di Desa Keban, Kecamatan Moro, Karimun.

“Kita kucurkan anggaran ke Desa Keban ini di tahun anggaran 2021,” ujar Cen Sui Lan, Jum’at (29/10/2021).

Cen yang duduk di Komisi V DPR RI ini mengatakan, kucuran dana tersebut melalui penyediaan sarana prasarana fisik penunjang desa wisata.

“Pengerjaannya di Desa Keban ini sudah tahap akhir,” kata Cen.

Cen Sui Lan menjelaskan, bahwa dirinya menjadikan Desa Keban sebagai salah satu pengembangan desa wisata yang harus diperhatikan.

Sehingga, ia sangat serius mengembangkan desa wisata yang berada di Kecamatan Moro itu, melalui program Kementerian Desa (Kemendes) di Kepulauan Riau.

“Mengapa saya perhatikan sekali Desa Keban ini, karena memang selain berstatus destinasi wisata pedesaan, desa ini juga memiliki jejak sejarah masa silam kuat, boleh disebut desa ini menjadi cikal bakal Kecamatan Moro sekarang,” jelas Legislator Golkar ini.

Foto Cen Sui Lan, Cen Sui Lan anggota dpr ri, dana aspirasi, legislator golkar Cen Sui Lan, Pariwisata Desa Keban

Selain itu, kata Cen, dorongan untuk mengembangkan pariwisata di Desa Keban itu, tidak terlepas dari usulan Anggota DPRD Karimun fraksi Golkar, Raja Rafiza.

“Pengembangan pariwisata di Desa Keban ini saya setujui berdasarkan usulan dari Raja Rafiza Aggota DPRD Karimun yang daerah pemilihannya di Kecamatan Moro,” ucap Cen.

Sementara itu, Anggota DPRD Karimun Raja Rafiza mengatakan, adapun pembangunan yang dilakukan untuk pengembangan wisata Desa Keban itu, ialah Home Stay atau penginapan.

“Pembangunan yang dilaksanakan adalah Home Stay untuk memudahkan wisatawan agar bisa menginap di Desa Keban,” kata Rafiza.

Lebih lanjut, Rafiza selaku legislator daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Moro ini, mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan atas terealisasinya pembangunan home stay tersebut.

“Saya atas nama masyarakat Desa Keban mengucapkan terima kasih kepada ibu Cen Sui Lan atas perjuangannya melalui aspirasi beliau untuk pengembangan desa wisata di desa ini,” ucapnya.

Diketahui, dari data Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Desa Keban menjadi destinasi wisata pedesaan di Karimun.

Kecamatan Moro sendiri menjadi andalan Karimun di urusan destinasi wisata. Tak sedikit destinasi wisata sejarah bernilai historis religius di Kecamatan Moro. Seperti Masjid Al Aqsho, Gereja Katolik lengkap dengan perkampungan sekaligus menjadi gereja Katolik pertama di Kepri.

Kemudian, Klenteng dan vihara serta sejumlah destinasi wisata lainnya, seperti Bukit Puake. Ada juga Bukit Jepun, benteng pertahanan Jepang. Jepun ialah bahasa Melayu menyebut Negeri Matahari Terbit, dan sejumlah destinasi wisata lanskap lainnya.

Selain itu, juga ada Kampung Wisata Bahari Desa Jang, Pulau Manda yang dikenal dengan konservasi penyu nya dan Telunas Resort dan Private Island. (rilis/yogi)

Trending