Connect with us

Headline

Lanal TBK Kerahkan Prajurit Padamkan Karhutla Seluas 10 Hektare di Teluk Uma

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20210312 Wa0150
Lahan seluas kurang lebih 1 hektare dilalap si jago merah di Perumahan Griya Praja, Teluk Uma, Tebing, Kamis (11/3/2021) sekira pukul 21.00 WIB.

Karimun, Kabarbatam.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Kali ini, lahan seluas kurang lebih 10 hektare dilalap si jago merah di Perumahan Griya Praja, Teluk Uma, Tebing, Kamis (11/3/2021) sekira pukul 21.00 WIB.

Petugas gabungan terdiri dari TNI-Polri, Damkar serta dibantu warga sekitar mengalami kesulitan sehingga berjibaku cukup lama untuk memadamkan api.

Kesulitan itu dipicu oleh cepatnya api yang menjalar di lokasi kebakaran karena kondisi angin saat itu yang cukup kencang.

Kemudian, juga disebabkan oleh sulitnya akses masuk bagi mobil pemadam dari Satpol-PP Karimun, Tangki Air Lanal TBK dan Armoured Water Canon (AWC) Polres Karimun.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi M.Tr Opsla mengatakan, pihaknya menerjunkan sejumlah prajurit di lokasi kebakaran.

“Sejumlah prajurit kita terjunkan untuk berjibaku memadamkan api bersama petugas gabungan lainnya,” ujar Danlanal.

Tidak hanya prajurit, kata dia, satu unit lori air berkapasitas 5 ton serta alat pendukung lainnya juga dikerahkan di lokasi kebakaran.

“Lori air beserta alat pendukung itu memang sudah kita siapkan sebagai bentuk siaga. Seandainya, terjadi kebakaran seperti malam ini,” katanya.

“Saya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perbuatan yang memicu karhutla seperti membuang puntung rokok atau sengaja membuka lahan dengan cara dibakar,” ucap Maswedi.

Sementara itu, RW 006 Komplek Griya Praja, Trio Wiramon mengatakan bahwa warganya ikut membantu proses pemadaman bersama petugas gabungan guna mencegah api menjalar hingga ke rumah warga.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras petugas gabungan dibantu warga api berhasil dipadamkan,” kata pria yang kerap disapa Amon ini. (Yogi)

Advertisement

Nasional

Trending