Connect with us

Batam

Masyarakat Kabil Antusias Ikuti Vaksinasi yang Digelar Anggota DPRD Kepri Wahyu Wahyudin

Published

on

Foto
Warga Kabil mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diadakan Anggota DPRD Provinsi Kepri Wahyu Wahyudin.

Batam, Kabarbatam.com – Dalam rangka reses tahun 2021, Anggota DPRD Kepri Wahyu Wahyudin,S.E., kembali melaksanakan vaksinasi di RW 03, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

Dalam pelaksanaannya, ada dua jenis vaksin yang diberikan langsung kepada masyarakat setempat yakni Moderna dan Sinovac.

Meski hujan mengguyur wilayah Kabil sejak pagi tadi, tidak sedikit pun menyurutkan niat masyarakat untuk mengikuti Vaksinasi yang digelar langsung oleh anggota DPRD Kepri Wahyu Wahyudin.

“Antuasias warga sangat tinggi tetapi situasi dan cuaca yang kurang mendukung sehingga ada sedikit gangguan. Namun hal itu dapat teratasi,” ungkap Wahyu, Kamis (2/9/2021).

Dijelaskan Wahyu, vaksin yang diberikan langsung kepada masyarakat dibagi menjadi dua yaitu pertama jenis vaksin Moderna sebanyak 600 vial dan kedua jenis vaksin Sinovac sebanyak 510.

“Sekira pukul 12.00 Wib siang ini, tercatat kurang lebih 300 orang sudah tervaksin. Mudah-mudahan bisa sampai 700 hingga 800 orang tervaksin tergantung antusias masyarakat. Dimana saat ini situasi tengah hujan sehingga cukup kesulitan,” ujar Wahyu.

Lanjut, Wahyu menyampaikan, sasaran vaksinasi kali ini untuk orang dewasa. Untuk anak-anak, sudah dilaksanakan vaksinasi di SMK Negeri 6 Batam, bila permintaan warga masih banyak akan dilanjutkan kembali.

Foto

Wahyu Wahyudin, Anggota DPRD Provinsi Kepri

“Disini, masih banyak yang belum tervaksin sehingga kegiatan vaksinasi dilakukan di RW 3. Tentu, kegiatan vaksinasi akan terus berkelanjutan secara rutin hingga seluruh warga, khususnya Kabil dapat menerima vaksinasi,” terangnya.

Untuk selanjutnya, vaksinasi yang diselenggarakan Wahyu Wahyudin akan terus berkelanjutan secara rutin hingga seluruh warga Kabil dapat menerima vaksin covid-19.

Saat disinggung terkait stok ketersediaan vaksin, Wahyu Wahyudin menjelaskan bahwa untuk stock vaksin terus diupayakan dari tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri.

“Saat ini jumlah stock vaksin cukup banyak dan tidak ada masalah,” terang Wahyu.

Diketahui, secara keseluruhan, warga yang telah mengikuti vaksinasi Wahyu Wahyudin sebanyak kurang lebih 1000 orang dewasa dan anak-anak kurang lebih 500 yang sudah tervaksin.

“Untuk dukungan pemerintah dalam hal ini perangkat RT/RW sangat bagus sekali, mereka bahkan meminta kita untuk melaksanakan vaksinasi setiap hari akan tetapi situasi dan kondisi saat ini yang tidak memungkinkan,” bebernya.

Sementara itu, Tim Pelaksana Vaksinasi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Dr Indrike mengatakan, vaksinasi kali ini Dinas Kesehatan Provinsi Kepri memonitoring pelaksanaan vaksinasi dengan bekerja sama Puskesmas Kabil dan Puskesmas Jabi.

“Pelaksanaan vaksinasi hari ini ada dua jenis vaksin yang diberikan yakni Moderna dan Sinovac. Penyimpanan vaksin harus sesuai dengan SOP, untuk suhu penyimpanan vaksin Sinovac 2 hingga 8 derajat celcius sementara untuk Moderna harus disimpan disuhu minus 15 hingga minus 12 derajat Celcius sehingga dalam pelaksanaannya boleh disimpan 2 hingga 8 vial,” tuturnya.

Dijelaskan Dr Indrike, untuk satu vial vaksin Moderna dapat digunakan untuk 14 orang dan Sinovac satu vial untuk 2 orang. Maka dari itu pihaknya melakukan pengawasan ketat dalam proses vaksinasi di RW 03.

“Hari ini kita mengerahkan sebanyak 25 orang tenaga medis dikerahkan untuk melaksanakan vaksinasi terhadap warga. Himbauan kami masyarakat tidak perlu lagi takut untuk divaksin, vaksin ini sangat aman dan halal,” pungkasnya. (Atok)

Advertisement

Trending