Connect with us

Headline

Menuju Kota Baru, BP Batam Terus Torehkan Berbagai Kemajuan Batam di Usianya ke-52 Tahun

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20231027 22201
Kepala BP Batam Muhammad Rudi didampingi Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto; Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan, Wahjoe Triwidijo Koentjoro; Anggota Bidang Kebijakan Strategis, Enoh Suharto Pranoto; Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, Sudirman Saad; Anggota Bidang Pengusahaan, Wan Darussalam;.

Batam, Kabarbatam com – Haei Bakti ke-52 BP Batam tahun ini menjadi momentum perwujudan Batam menuju Kota Batam. Berbagai kemajuan berhasil ditorehkan Batam dalam kurun lima tahun terakhir di era kepemimpinan H. Muhammad Rudi

Terus Melaju Menuju Batam Kota Baru menjadi tema Peringatan Hari Bakti ke-52 BP Batam. Tema ini sejalan dengan pesatnya pembangunan Batam di berbagi sektor, tak hanya pembangunan infrastruktur tetapi juga pertumbunan ekonomi dan Batam sebagai hub logistik.

Pencapaian di bidang ekonomi, Batam mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi di angka  6,84%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional 5,3% dan pertumbuhan ekonomi Peovinsi Kepri di angka 5,09%.

Ini menjadikan Batam aebagai wilayah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dari tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Riau. Di bidang investasi, Batam juga berhasil mencatatkan realisasi investasi. Pada tahun 2022, realisasi investasi di Batam mencapai USD1.90 billion.

Img 20231027 36398

Angka ini terus meningkat pada 2023 yang mana hingga semester I tahun ini realisasi investasi sudah mencapai USD1.28 billian. Dengan target hingga akhir tahun mendatang mencapai USD1.9 billion.

Sementara itu, pada kegiatan ekspor dan impor, BP Batam di era Muhammad Rudi juga berhasil mencatatkan kemajuan yang signifikan. Hingga semester I 2023, kegiatan ekspor Batam mencapai USD7.5 billion. Untuk kegiatan impor pada semester I 2023 sebesar USD7.2 billion.

Pencapaian Batam terus berlanjut, khususnya di bidang infrastruktur dan peningkatan sarana prasarana jalan dan juga fasilitas penunjang untuk kegiatan industri, barang, dan penumpang, seperti: Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Pelabuhan Internasional Batuampar maupun Pelabuhan Domestik di Batam

“Pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim sudah kita gesa. per bulan November sudah launching mulai dilakukan pengerjaan Terminal 2 Bandara. Begitu juga pelabuhan. Dua bulan ke depan juga sudah mulai dilakukan pembangunan dalam upaya meningkatkan kapasitas dan aktivitas di pelabuhan,” ungkap Rudi saat menyampaikan sambutan pada BP Batam Investment Award, yang berlangsung di Radisson Hotel Batam, Jumat (28/10).

Img 20231027 26131

Pembangunan infrastruktur jalan dari bandara ke pelabuhan, sambung Rudi, selain untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi masyarakat dalam berkendara, juga untuk mempersingkat rentang atau jarak waktu pengiriman barang menuju pelabuhan, begitupun sebaliknya

“Ini akan semakin mempermudah mobilitas masyarakat dan juga mempersingkat waktu  pengiriman barang baik menuju pelabuhan maupun arah sebaliknya ke bandara,” ungkapnya .

Selain itu, BP Batam juga berfokus pada peningkatan dan penguatan Batam sebagai kawasan FTZ dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sudah berjalan saat ini, di antaranya KEK kesehatan yang ada di Sekupang, KEK lBatam Aero Technic dan KEK Nongsa Digital Park yang menjadi kawasan ekonomi digital di Nongsa, Kota Batam.

Selain itu, sambung Rudi, BP Batam bersama Pemko Batam juga terus menata dan memperindah Kota Batam sebagai daerah tujuan wisatawan. Sejumlah destinasi dibangun, termasuk peningkatan kualitas jalan untuk mempermudah aksebilitas wisatawan untuk datang dan berkeliling di sejumlah destinasi.

Img 20231027 35305

Pada November nanti, Batam akan menggelar jambore wisata internasional. Sebanyak 3000 peserta telah mendaftarkan diri ikut berpartisipasi di kegiatan ini.

“Ini akan semakin menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Batam,” ujarnya. Pada kesempatan ini, BP Batam menyerahkan  penghargaan kepada sejumlah perusahaan dan tokoh yang dinilai telah berkontribusi besar dalam memajukan Kota Batam.

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengapresiasi kerja nyata yang telah ditorehkan BP Batam selama ini. Kerja keras seluruh jajaran BP Batam tdlaah memberikan banyaak kemajuan bagi Batam saat ini.

Nuryanto berharap agar BP Bataam terus memberikan yang terbaik bagi Pulau Batam sebagai kawasan tujuan investasi. Termasuk memberika kemudahan pelayanan perizinan investasi dan juga peningkatan pelayanan yang terkait dengan kebutuhan maayarakat dan dunia usaha di Batam, seperti air bersih.

Daniel Burhanuddin, seorang tokoh sekaligua pelaku usaha bidang logistik di Batam, mengapresiasi kemajuan Kota Batam dalam beberapa tahun terakhir ini. Kemajuan yang dirasakan saat ini, tidak terlepas dari kerja keras pimpinan dan semua  jaajaran BP Batam.

Img 20231027 14990

Batam, kata peraih BP Batam Investment Award ini, memiliki potensi yang sangat besar selain karena letaknya strategis juga berada di jalur lalu lintas pekayaran dunia, dan merupakan wilayah yang dikelilingi laut. “Potensi Batam ini sangat besar, dengan adanya terusan kra, Batam bisa semakin maju. Kita berharap,semoga Bapak Muhammad Rudi terus memajukan Batam dan terus bekerja  mengembangkan Kota Batam,” pungkas Daniel yang di usianya kini 80 an tahun.

Turut hadir dalam kesempatan ini; Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, mantan Kepala BP Batam Mustafa Wijaya. Juga hadir; Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto; Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan, Wahjoe Triwidijo Koentjoro; Anggota Bidang Kebijakan Strategis, Enoh Suharto Pranoto; Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, Sudirman Saad; Anggota Bidang Pengusahaan, Wan Darussalam; serta para Pejabat Tingkat II di lingkungan BP Batam. dan pimpinan Forkopimda Kota Batam. (war)

Advertisement

Nasional

Trending