Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Batam

Merangkai Pulau, Menhub Resmikan Pengoperasian Dermaga II Pelabuhan ASDP Punggur

Published

on

Pelabuhan ASDP Punggur

Batam, Kabarbatam.com – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi resmikan Dermaga II Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kamis (25/2/2021).

Peresmian Dermaga II Pelabuhan ASDP Telaga Punggur dihadiri oleh, Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Budi Setiadi, Direktur Utama ASDP Ferry Indonesia, Ira Puspadewi beserta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi sangat mendalam kepada PT. Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Ferry Indonesia yang berkomitmen tetap membangun meski dalam situasi pandemi Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi atas dibangunnya Dermaga II Pelabuhan ASDP Telaga Punggur dan ini bisa memberikan makna untuk masyarakat banyak di pulau-pulau yang jauh di Provinsi Kepri,” ungkap Budi Karya Sumadi.

Dijelaskan Budi, yang perlu dipastikan adalah masalah keselamatan, safety itu adalah hal yang mutlak dan menjadi suatu keharusan.

“Saya memang sering mendapat masukan dari Gubernur agar produktivitas antar pulau ini terjaga dengan baik tentu dengan mengutamakan keselamatan dan itu menjadi suatu keharusan,” ujar Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Lanjut Budi Karya Sumadi menyampaikan, Kepulauan Riau, terdiri dari pulau-pulau, jadi sudah mutlak produksivitas laut antar pulau di Kepulauan Riau ini adalah kebanyakan milik masyarakat.

“Oleh karenanya, saya sangat mengapresiasi pihak terkait dalam upaya ini dilakukan dengan baik. Tak hanya itu, saya bersama deputi terus bersinergi dalam satu kekuatan pengawasan agar Batam ini terus berkembang,” tutur Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Direktur Utama ASDP Ferry Indonesia Ira Puspadewi menjelaskan, sejak New Normal walaupun trafik penumpang masih cukup rendah, logistik naik 10 persen.

“Kemudian digitalisasi, seperti yang kami laporkan, digitalisasi ASDP sudah mulai dari Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, Ajibata – Ambarita. Maka tahun ini kita akan membangun juga digitalisasi di 14 pelabuhan atau di 65 lintasan,” terangnya.

Khususnya di pelabuhan ASDP Telaga Punggur, ada 10 kapal yang disediakan untuk melayani masyarakat. Ada 16 lintasan dimana 9 lintasan adalah perintis dan 7 adalah komersial.

Diungkapkan Ira Puspadewi, untuk pembangunan Dermaga II ASDP Pelabuhan Telaga Punggur adalah pembangunan dengan dana mandiri dari PT. ASDP Ferry Indonesia.

“Insyaallah kami percaya, walaupun dermaga ritemnya sangat lama, namun kami pastikan komitmen untuk membagun infrastruktur sebagai enable ekonomi tetap kami jalankan, termasuk di Kupang revitalisasi secara signifikan dermaga di pelabuhan Bolok yang dalam waktu dekat akan diresmikan,” bebernya.

Kemudian, lanjut Ira Puspadewi menuturkan, Dermaga II Pelabuhan ASDP Telaga Punggur memiliki kapasitas GRT (Gross Register Ton) kapal lebih tinggi dari sebelumnya.

“Sebelumnya, di dermaga pertama hanya untuk kapal berukuran 5000 GRT, sekarang menjadi 10.000 GRT dan Insyaallah apa yang telah kita lakukan bersama pada hari ini menjadi doa dan menciptakan kemanfaatan serta keberkahan lebih baik seluruh masyarakat di Indonesia,” pungkasnya. (Atok)

Trending