Connect with us

Nasional

Nasib 86 Penumpang Setelah Kapal Gunsa 8 Terbakar

Published

on

kepal terbakar

Kabarbatam.com, Sebanyak 86 orang penumpang Kapal Ferry Gunsa 8 dipastikan selamat saat kapal tersebut dilaporkan terbakar di perairan Sungsang, Banyuasin setelah bertolak dari Muntok tujuan Pelabuhan Tanjung Api-Api, Senin (12/7) sore.

Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Sumsel, setelah menerima laporan kejadian langsung melakukan pertolongan dengan mengirimkan tim Rescue KPP Palembang didampingi Kepolisian Air dan Udara Polda Sumsel dan Kabupaten Muntok Bangka Belitung, Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Palembang.

“Tim SAR gabungan berhasil memadamkan api yang membakar kapal jenis Roro Passanger milik Guncline tersebut. Dan dilaporkan sebanyak 86 penumpang selamat dan berhasil dievakuasi di Posko KKP Tanjung Kalian,” kata Humas Basarnas Sumsel, Rio Taufan Febriano di Palembang, Senin malam.

Hingga saat ini belum dapat diketahui penyebab kapal penumpang tersebut bisa terbakar. “Belum bisa dipastikan penyebabnya dan berapa kerugian atas peristiwa ini,” terangnya.

Terpisah, Kepala Kantor Basarnas Palembang Herry Marantika mengatakan, pihaknya mengerahkan enam orang personil Rescue KPP Palembang (Basarnas) dan empat orang crew ABK KN Setyki untuk menuju lokasi kejadian.

“Guna melakukan proses evakuasi terhadap korban,” terang Herry.

Selain menerjunkan personil, pihaknya juga menurunkan peralatan seperti Rubber Boat, RIB (Rigid Inflatable Boat) 01, alat selam, peralatan medis, komunikasi, evakuasi dan APD Covid-19 juga ikut diterjunkan. Untuk mendukung pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan (Operasi SAR).

“Semua Penumpang berjumlah 86 orang dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi ke KMP Muthis, kemudian dibawa kembali ke Pelabuhan Tanjung Kalian dan kita juga sudah menggerakan 1 Unit KMP Legundis untuk melakukan pemadaman,” pungkas Herry.(*)

Advertisement

Trending