Connect with us

Headline

Panen Perdana di Tanjungpinang! Orang Jakarta Tak Percaya Padi Tumbuh di Lahan Bekas Tambang, Pujo Harinto: Ini Kerja Luar Biasa

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20231222 Wa0098
Pujo Harinto saat melakukan panen padi perdana sekaligus meninjau Sarana Asilimilasi dan Edukasi (SAE) Rutan Kelas I Tanjungpinang di Pulau Dompak, Kamis (21/12/2023).

Tanjungpinang, Kabarbatam.com – Keberhasilan warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) memanen padi di atas lahan bekas tambang bauksit di Pulau Dompak, Tanjungpinang, merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan dan dikembangkan di daerah lainnya di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Direktur Pembimbingan Kemasyarakatan dan Upaya Keadilan Restoratif Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Pujo Harinto usai meninjau Sarana Asilimilasi dan Edukasi (SAE) Rutan Kelas I Tanjungpinang di Pulau Dompak, Kamis (21/12/2023).

“Banyak orang di Jakarta yang tidak yakin dan percaya, bahwa padi bisa tumbuh dan dipanen di atas lahan bekas tambang bauksit karena tanahnya keras dan berbatu. Tapi, di Tanjungpinang, saya menyaksikan sendiri padi itu tumbuh sempurna di tanah bauksit. Ini luar biasa,” ujarnya.

Img 20231222 Wa0097

Hal lain yang membuat Pujo bangga dari keberhasilan panen padi di atas lahan bekas tambang bauksit itu, adalah keterlibatan mitra perorangan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Ady Indra Pawennari yang melakukan pendampingan terhadap warga binaan tanpa pamrih.

“Biasanya, orang mau bekerjasama dengan Kemenkumham, khususnya Rutan itu kalau ada untungnya. Tapi, pak Ady ini mau melakukannya dengan ikhlas, tanpa mengharapkan keuntungan atau imbalan. Ini kerja luar biasa dan patut dicontoh,” katanya.

Sementara itu, Ady Indra Pawennari, mitra perorangan Rutan Kelas I Tanjungpinang yang menjadi pendamping dan donatur warga binaan dalam penanaman padi di atas lahan bekas tambang bauksit itu, mengaku tak pernah berpikir untuk mendapatkan keuntungan atau imbalan dari kerjasama tersebut.

Img 20231222 Wa0099

“Saya hanya ingin membuktikan bahwa padi itu tidak hanya bisa tumbuh dengan baik di lahan sawah yang subur. Tapi, padi itu juga bisa tumbuh di atas lahan bekas tambang bauksit. Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk menanam padi di lahan bauksit,” ajaknya.(*)

Advertisement

Nasional

Trending