Connect with us

Batam

Pembangunan Masjid Bandara Hang Nadim Dimulai, Desain Khas Melayu dan Tampung 1.000 Lebih Jamaah

Published

on

Foto Bandara Hang Nadim, Hang Nadim Batam, Kepala BP Batam HM Rudi, masjid hang nadim, Pembangunan masjid hang nadim
Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan para pejabat di lingkungan BP Batam dan Hang Nadim Batam menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (24/12/2020).

Batam, Kabarbatam.com – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Bandara Hang Nadim Batam, Kota Batam, Rabu (24/12/2020).
Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, pembangunan masjid di kawasan Bandara Hang Nadim Batam ini direalisasikan karena selama ini belum ada tempat ibadah yang layak di kawasan tersebut.
“Sekarang ini hanya tempat kosong dijadikan musala. Karena itu, hari ini mulai kita lakukan pembangunan masjid dan semoga secepat mungkin bisa diselesaikan,” kata Rudi.
Pembangunan masjid ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi calon penumpang yang hendak melakukan ibadah saat akan melakukan penerbangan ke luar Batam maupun saat tiba di bandara.
“Terutama saat hari Jumat, tidak perlu lagi mencari masjid yang lokasinya jauh dari bandara.
Foto Bandara Hang Nadim, Hang Nadim Batam, Kepala BP Batam HM Rudi, masjid hang nadim, Pembangunan masjid hang nadim
“Apabila jadwal pesawatnya sekitar pukul 13.00 misalnya, bisa ketinggalan kalau salat Jumat dulu yang lokasinya jauh dari bandara. Olehnya itu, kami bangun masjid supaya dapat mudahkan calon penumpang beribadah,” kata Rudi lagi.
Sekadar diketahui, disain masjid di kawasan Bandara Hang Nadim ini bernuansa Melayu. Kubah masjid berbentuk tanjak, penutup kepala khas Melayu.
Dalam gambar disain yang di pajang di lokasi pembangunan, kubah masjid berwarna kuning dengan lingkar atas berwarna biru dan di ujung atas terdapat lambang Bulan Bintang. Masjid juga dilengkapi sebuah menara.
Untuk pembangunannya, BP Batam mengucurkan anggaran sekitar Rp39,9 miliar.
Proyek rumah ibadah tersebut rencananya akan selesai dalam jangka waktu 16 bulan atau awal tahun 2022 mendatang. BP Batam sendiri menyatakan komitmennya untuk menggesa pembangunan masjid tersebut.
Foto Bandara Hang Nadim, Hang Nadim Batam, Kepala BP Batam HM Rudi, masjid hang nadim, Pembangunan masjid hang nadim
Direktur Infrastruktur Kawasan BP Batam, Imam Bachroni mengatakan pembangunan masjid di Bandara Internasional Hang Nadim sudah lama direncanakan. Hanya saja baru terealisasi akhir 2020.
Pembangunan tersebut, sambung Imam, tidak terlepas dari komitmen Kepala BP Batam Muhammad Rudi untuk mewujudkan pembangunan masjid di bandara.
Masjid ini dibangun di atas lahan 15 ribu meter persegi dan bisa menampung sekitar 1.000 lebih jamaah. (gk/aan)

Advertisement

Trending