Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Karimun

Pemkab Karimun Luncurkan Aplikasi SIMTARU, Ini Manfaatnya

Published

on

Foto Pemkab Karimun Luncurkan Aplikasi, pemkab karimun simtaru, simtaru karimun
Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Karimun, Kabarbatam.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang Terpadu (Simtaru).

Aplikasi berbasis website untuk Android itu, diluncurkan secara langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq di Ruang Rapat Cempaka Putih Kantor Bupati Karimun, Selasa (30/11/2021).

Aplikasi mengenai Tata Ruang Kabupaten Karimun ini dilengkapi dengan banyak fitur unggulan yang bisa diunduh melalui Play Store dengan kata kunci ‘SIMTARU Kabupaten Karimun’.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutannya mengapresiasi aplikasi besutan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Karimun tersebut.

Menurutnya, aplikasi SIMTARU selain bisa mempermudah masyarakat juga untuk mempermudah dan mempercepat Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, khususnya di bidang tata ruang.

“Tujuannya aplikasi ini nantinya akan memberikan keterbukaan informasi publik dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dan pelayanan kita sendiri pemerintah daerah dalam rangka mengakses informasi tentang tata ruang yang dibutuhkan,” kata Bupati Rafiq.

Aplikasi ini, kata dia, merupakan instrumen keterpaduan dan sinergisitas dalam pembangunan.

“Dalam bekerja memang pendekatannya sekarang harus dengan sistem teknologi agar cepat, mudah dan transparan. Penggunaan sistem aplikasi juga diharapkan diterapkan di OPD lainnya untuk mempermudah pekerjaan. Aplikasi ini juga agar disosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat lebih taat dengan aturan tata ruang,” ujar Bupati.

Diketahui, Sistem Informasi Tata Ruang Terpadu (SIMTARU) merupakan Sistem Informasi berbasis Web GIS (Geographic Information System) yang dikembangkan oleh Dinas PUPR Kabupaten Karimun yang memuat data atau informasi perencanaan dan pemanfaatan tata ruang di Kabupaten Karimun. (Yogi)

Advertisement

Trending